Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023, Ajang Balap Mobil Pertama di Pertamina Mandalika International Circuit

MandalikaPost.com
Kamis, Desember 07, 2023 | 18.21 WIB

 

Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023, Ajang Balap Mobil Pertama di Pertamina Mandalika International Circuit.

MANDALIKAPOST.com – Ajang balap mobil pertama di Pertamina Mandalika International Circuit semakin dekat. Event bertajuk ‘Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023’ akan digelar pada tanggal 8-10 Desember 2023. PT Mandalika Grand Prix Association Nusantara Jaya (MGPA), sebagai pengelola sirkuit dan promotor event memfasilitasi penggemar yang ingin menyaksikan ajang balap ini secara gratis di Pertamina Mandalika Street Circuit yang menjadi bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika/The Mandalika, Kab. Lombok Tengah, NTB.



Direktur Operasi ITDC Troy Warokka mengatakan, KEK Mandalika/The Mandalika sebagai destinasi wisata sport and entertainment tourism, untuk terus menjadikan The Mandalika sebagai tuan rumah event bertaraf internasional yang mendunia.


"Kehadiran Porsche Sprint Challenge Indonesia menjadi langkah nyata dalam mewujudkan visi ini. Kami yakin bahwa kehadiran event prestisius seperti Porsche Sprint Challenge tidak hanya akan memperkuat posisi sirkuit dan kawasan yang kami kelola sebagai destinasi sport tourism yang menarik, tetapi juga akan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap ekonomi dan masyarakat lokal di sekitarnya," katanya.



Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan, Event Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 ini merupakan ajang balap mobil pertama di Pertamina Mandalika International Circuit.


"Melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat, kami membuka Grandstand A secara gratis dari tanggal 9-10 Desember 2023 bagi penonton yang ingin menyaksikan keseruan balap Mobil Porsche 911 GT3 Cup, yang merupakan ikon dalam dunia balap ini," ujarnya.



Balap mobil ini merupakan kerjasama antara MGPA dengan Superstars Motor Sport dan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Jenis kendaraan yang akan berlaga dalam gelaran ini adalah Porsche 911 GT3 Cup, sebuah mobil dengan bodi ringan dan spesifikasi turbo lebar yang tidak hanya memberikan tampilan yang mengesankan, tetapi juga memiliki kontribusi pada kontrol dan kelincahan seperti layaknya mobil balap.



CEO Superstars Motorsport Bagoes Hermanto berharap Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 dapat menjadi stepping stone dalam dunia balap di Tanah Air.


"Kita ingin mengubah pandangan bahwa para pembalap Indonesia harus pergi ke luar negeri untuk berkompetisi dalam balapan mobil Porsche 911 GT3 Cup. Sekarang, mereka dapat menikmati serunya balap mobil Porsche 911 GT3 Cup langsung di Indonesia, khususnya di Pertamina Mandalika International Circuit," katanya.



Wakil Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bidang Olahraga Mobil, Ananda Mikola mengatakan pihaknya mewakili IMI sangat mengapresiasi terselenggaranya event ini.


"Dengan adanya event Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023, saya berharap lahirnya pembalap-pembalap baru yang dapat mewakili Indonesia ke tingkat dunia,” katanya.



Sementara itu, Pembalap Porsche Sprint Challenge Indonesia, Febby Sagita mengungkapkan kesiapannya.


"Sebagai pembalap, persiapan kami untuk Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 mencakup serangkaian latihan, baik dalam mengenal sirkuit maupun fisik. Kerjasama erat terjalin dengan race engineer yang datang langsung dari Australia, New Zealand, dan Jerman. Semua ini bertujuan untuk memastikan bahwa kami siap menghadapi setiap aspek balapan dengan kesiapan maksimal," ujarnya.


Untuk dapat menikmati keseruan balapan mobil Porsche ini, penonton hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp10.000 untuk kendaraan roda 4 dan Rp5.000 untuk kendaraan roda 2. Akses ke Grandstand A dapat dilakukan melalui Black Gate 2, di mana kendaraan roda 4 dapat menuju area parkir P4B dan P3B, sedangkan kendaraan roda 2 dapat parkir di P5B.


Setelah parkir di lokasi yang telah ditentukan, penonton dapat berjalan ke Grandstand A melalui terowongan 1 atau terowongan utara.


Bagi para penggemar yang ingin merasakan pengalaman lebih dekat dengan pembalap, dapat menikmati akses ke paddock selama 3 hari dengan harga mulai dari Rp300.000. Paddock merupakan area kerja bagi mekanik tim balap dan administrasi sirkuit, sehingga memberikan pengalaman yang lebih eksklusif bagi pengunjung.


Tiket menuju paddock dapat dibeli melalui ticket box yang tersedia di depan area paddock.


“Untuk masyarakat yang belum dapat hadir secara langsung pada Pertamina Mandalika International Circuit untuk merasakan keseruan ajang balap ini, masih dapat menyaksikan keseruan balap secara online melalui channel YouTube @themandalikagp,” ujarnya.



Selain balap mobil, terdapat side event Pesta Seru Mandalika yang akan diselenggarakan di area parkir Deluxe Class pada 9 Desember 2023. Event ini merupakan festival musik dan UMKM yang akan menghadirkan artis tanah air yaitu Band Radja, Gita KDI, Gili Vibes, dan Iris Circles.

 

“Dengan adanya Pesta Seru Mandalika ini, kami berharap dapat menambah semarak keseruan Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 dan memperkaya experience di Pertamina Mandalika International Circuit. Kami berharap balapan ini akan menjadi awal untuk perkembangan dunia otomotif di Indonesia untuk masuk ke jajaran elite otomotif dunia dan menjadi ajang sport tourism terkemuka di Indonesia," tutup Andi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023, Ajang Balap Mobil Pertama di Pertamina Mandalika International Circuit

Trending Now