Ratusan Masyarakat Antusias Bersih Pantai, Bersama Relawan Ganjar Mahfud di Pesisir Kota Mataram

Panca Nugraha
Minggu, Januari 14, 2024 | 16.28 WIB

Tari Gandrung ditampilkan dalam rangkaian kegiatan bersih pantai Relawan Teman Ganjar (TEGAR) di Mataram. 

MANDALIKAPOST.com - Ratusan masyarakat antusias dan turut berpartisipasi dalam kegiatan beach clean up, atau bersih pantai yang digelar Relawan Teman Ganjar (TEGAR), Minggu 14 Januari 2024 di di pesisir pantai Kampung Banjar, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Kegiatan juga dihadiri barisan relawan
Relawan Teman Ganjar (TEGAR), Kopi GAMA, Relawan Gerakan Ganjar (GG) NTB,
Dinasti Nusantara, Sedulur Ganjar, dan kelompok relawan GAMA lainnya.


Tak hanya sekadar bersih pantai, gawe besar TEGAR juga menghadirkan atraksi seni dan budaya, tari gandrung, dan parade sampan yang melibatkan kelompok nelayan setempat.



Ketua TEGAR yang juga inisiator acara, Wayan Santiasa Gober mengatakan, kegiatan bhakti sosial bersih pantai di Ampenan, Kota Mataram menjadi bagian gagasan relawan pendukung pasangan Capres-Cawapres nomor 3 Ganjar Mahfud, untuk menujukan bahwa GAMA peduli lingkungan.


"Selain peduli akan kelestarian lingkungan, melalui kegiatan ini kita juga ingin tunjukan bahwa Ganjar Mahfud mendukung pelestarian seni dan budaya.Sehingga beberapa atraksi seni budaya juga kami tampilkan dalam kegiatan ini," kata Wayan Santiasa.


Menurutnya, tak hanya melibatkan jajaran relawan GAMA dari belasan kelompok relawan, kegiatan juga melibatkan partisipasi masyarakat pesisir dan nelayan, serta pengunjung di pantai Kampung Banjar.


Ia mengapresiasi soliditas dan kekompakan para relawan dan juga segenap masyarakat yang sudah turut bergabung dan mendukung kegiatan tersebut.


Ketua Relawan Gerakan Ganjar (GG) NTB, Gede Gunanta.

Ketua Relawan Gerakan Ganjar (GG) NTB, Gede Gunanta mengatakan, kegiatan bhakti sosial yang dikemas dalam kegiatan bersih pantai dan atraksi seni budaya sangat tepat merepresentasikan Provinsi NTB yang sudah menjadi destinasi wisata super prioritas nasional.


"Artinya dengan kegiatan ini para relawan GAMA sangat mendukung sektor pariwisata di NTB, dengan pelestarian lingkungan dan juga seni budaya," katanya.


Gunanta memaparkan, salah satu visi besar Ganjar Mahfud adalah membangun pusat perekonomian di daerah sesuai potensi masing-masing. NTB tentu saja harus berkembang lebih maju melalui sektor Pariwisata, selain sektor pertanian secara luas yang mennjadi sektor unggulan daerah ini.


"Kami sangat mengapresiasi seluruh relawan GAMA yang sudah bergabung dan juga partisipasi masyarakat saat ini. Kami meyakini masyarakat sudah mengerti dan tahu pasangan mana yang bakal dipilih nantinya, Ganjar Mahfud Nomor 3, pasti menjawab semua," tegasnya.




Ratusan relawan GAMA bersama masyarakat dan pengunjung pantai Kampung Banjar bergerak bersama menyapu dan memungut sampah plastik dan sampah anorganik lainnya di pesisir pantai.


Di sela kegiatan parade sampan dengan spanduk dan banner Capres Cawapres Nomor Urut 3, Ganjar - Mahfud, pun menjadi tontonan menarik bagi pengunjung yang datang.


Dalam kesempatan yang sama, Caleg DPRD NTB dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hj. Darbahyanti menegaskan, seluruh rangkaian kegiatan bhakti sosial yang digelar TEGAR dan jajaran relawan lainnya bertujuan untuk memenangkan Ganjar Mahfud dalam Pilpres 2024.


"Kegiatan luar biasa dari relawan GAMA ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat untuk menjaga kebersihan, melestarikan lingkungan, dan seni budaya. Masyarakat saat ini butuh teladan, dan relawan GAMA menjadi wajah terdepan pasangan Ganjar Mahfud," katanya.


Caleg DPRD NTB dari PDIP Nomor Urut 3 untuk Dapil Kota Mataram, Hj. Darbahyanti. 

Caleg DPRD NTB dari PDIP Nomor Urut 3 untuk Dapil Kota Mataram, Hj. Darbahyanti juga menambahkan, kebersihan dan keindahan destinasi wisata akan memberi nilai tambah bagi destiasi dan juga peluang bagi perputaran ekonomi masyarakat.


"Tentu saja kalau pantai kita bersih, akan lebih banyak pengunjung yang datang. Masyarakat setempat, terutama ibu-ibu bisa mengembagkan UMKM, kuliner dan lain sebagainya," kata Hj, Darbahyanti.


Dari pantuan di lapangan, kegiatan bersih pantai yang digelar TEGAR berjalan meriah dan sukses melibatkan partisipasi masyarakat.


Sayangnya, dari sekian banyak relawan yang hadir tak nampak kehadiran jajaran Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar Mahfud baik tingkat Kota Mataram maupun Provinsi NTB.


Hal ini dikonfirmasi Ketua TEGAR yang juga inisiator acara, Wayan Santiasa Gober.


"Sebelum kegiatan kami sudah menyampaikan surat juga ke TPD GAMA NTB dan perwakilan TPN Ganjar Mahfud, namun tidak direspons maksimal. Tapi bagi kami di relawan, kita tetap bergerak dan berjuang memenangkan Ganjar Mahfud di NTB,"katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Masyarakat Antusias Bersih Pantai, Bersama Relawan Ganjar Mahfud di Pesisir Kota Mataram

Trending Now