Menuju Desa Mandiri, Mekar Sari Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat dengan Pengembangan Potensi Lokal

MandalikaPost.com
Selasa, Mei 07, 2019 | 00.15 WIB
DESA MEKAR SARI. Kantor Desa Mekar Sari, Insert : Kepala Desa Mekar Sari Sapinah dan Sekdes Mekar Sari Abdul Satar. (Kolase/Istimewa)

LOMBOK BARAT - Desa Mekar Sari di Kecamatan Narmada, Lombok Barat terus berbenah membangun dan menggali potensi lokal untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Meski terbilang sebagai salah satu Desa termuda di antara lima desa muda lainnya di Kecamatan Narmada, namun geliat pembangunan di desa itu tergolong progresif.


Pembangunan infrastruktur desa dan pengembangan ekonomi kreatif di Desa ini, menjadi fokus utama pemerintah Desa Mekar Sari. Hal ini juga yang membuat Desa Mekar Sari saat ini berstatus sebagai Desa Berkembang.

Fasilitas Pendidikan di Desa Mekar Sari meliputi PAUD Dinul Falah, SDN 1 Mekar Sari, dan Diniyah Islamiah, sementara di sektor kesehatan fasilitas yang tersedia antara lain Poskesdes, Posyandu, Puskesmas yang terbentuk pada 2017 lalu.

"Dari sisi perekonomian, kami juga sudah mengembangkan BUMDes untuk membantu dan mensupport usaha-usaha masyarakat, guna meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di desa ini. Selaku pemerintah desa di sini, tentu kesejahteraan masyarakat untuk tahun-tahun yang akan datang akan dapat kita tingkatkan,"kata Kepala Desa Mekar Sari, Sapinah didampingi Sekdes Mekar Sari, Abdul Satar.

Kepala Desa Mekar Sari, Sapinah. (Istimewa)

Kepala Desa Mekar Sari, Sapinah menjelaskan, dengan BUMDes tersebut maka kelompok-kelompok yang belum terbentuk di masing-masing dusun akan bisa dikembangkan ke depannya.

Desa Mekar Sari resmi terbentuk pada 28 Maret 2011. Sejauh ini bantuan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa difokuskan untuk mengembangkan infratruktur seperti pembuatan jalan desa, jalan tani, jalan lingkungan, saluran irigasi, dan penembokan kuburan umum serta infratruktur lainnya.

BUMDes Desa Mekar Sari.(Istimewa)

"Dengan adanya bantuan DD dan ADD ke depan, setelah infrastuktur di semua dusun kita kembangkan dan tahun 2019 terselesaikan, maka ke depannya pengembangan ekonomi dan sarana pendidikan dan kesehatan dapat dilaksanakan. Harapannya agar Desa Mekar Sari yang sekarang jadi desa berkembang, ke depan bisa menjadi desa yang maju dan mandiri," tegas Sapinah.

Profil Desa Mekar Sari

Secara geografis wilayah Desa Mekar Sari, terletak di bagian Barat wilayah Kecamatan Narmada dengan batas-batas wilayah sebelah utara Desa Gerimak Indah dan Kelurahan Bertais. Kemudian sebelah selatan Desa Badrain dan Desa Sembung, sebelah Barat Desa Sembung dan sebelah Timur Desa Dasan Tereng.

Produksi UMKM Keripik Pisang Desa Mekar Sari. (Istimewa)

Luas wilayah Desa Mekar Sari tercatat seluas 97,6 Hektare, terdiri dari persawahan 72 Hektare, perkebunan 5 Hektare dan permukinman 6 Hektare.

Kepala Desa Mekar Sari, Sapinah mengatakan, lahan pertanian yang ada di Desa Mekar Sari seluas tujuh puluh dua hektar merupakan mata pencaharian penduduk setempat.

"Potensi pertanian di Desa ini sangat besar karena merupakan jalur lintasan sungai dengan debit air yang cukup memadai. Dan ini memenuhi kebutuhan pertanian, sehingga masyarakat terutama para petani dapat menanam padi selama tiga kali dalam satu tahun," katanya.

Pelayanan Posyandu di Desa Mekar Sari. (Istimewa)

Selain pertanian, Desa Mekar Sari juga memiliki potensi Peternakan yang luar biasa. Sektor peternakan ini terbangun dengan adanya perpaduan antara lahan pertanian selaku pendukung utama untuk mengembangkan sektor peternakan.

Dengan adanya peternakan selaku mata pencaharian penduduk juga dikembangkan kandang kolektif ternak di Desa ini. Setidaknya saat ini terdapat sebanyak 30 kandang kolektiif masyarakat yang masing-masing kandang bisa menampung 100-150 ekor ternak, baik Sapi maupun Kerbau.

"Disamping pertaniuan dan peternakan, kami di Desa Mekar Sari juga mengembangkan perikanan. Perikanan dikembangkan karena perikanan itu berkaitan langsung dengan pertanian di mana perikanan ini ditunjang langsung dengan perairan yang memadai," kata Kades Mekar Sari, Sapinah.

Sekretaris Desa Mekar Sari, Abdul Satar. (Istimewa)

Sementara itu, Sekdes Mekar Sari, Abdul Satar menambahkan, Pemerintah Desa Mekar Sari juga terus berupaya mengembangkan sektor ekonomi kreatif berbasis potensi lokal.

Kelompok usaha yang sudah berjalan di Desa ini antara lain industri keripik pisang, pembuatan roti dan jamur tiram. Selain itu Desa ini juga memproduksi Bata Merah dan usaha ekonomi kreatif lainnya.

"Hal ini juga dapat meningkatkan perekonomian yang ada di Desa Mekar Sari. Terutama bila usaha-usaha masyarakat ini terkoneksi dan terintergrasi dengan BUMDes yang ada," kata Abdul Satar.

Potensi Peternakan di Desa Mekar Sari. (Istimewa)

Masyarakat Desa Mekar Sari merasakan pembangunan yang berjalan di Desa sangat membantu peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

"Harapan masyarakat agar dalam pembangunan pertanian ini pemerintahan Desa supaya lebih banyak lagi membangun jalan-jalan pertanian sehingga akses masyarakat dalam bertani jadi lebih mudah. Saluran irigasi juga supaya dimaksimalkan lagi karena dapat mempermudah petani mengairi sawah mereka," kata Irfan Widiarno, salah seorang warga Desa Mekar Sari.

Produksi Bata Merah di Desa Mekar Sari. (Istimewa)

Irfan juga berharap agar Pemerintah Desa Mekar Sari dapat terus meningkatkan pembangunan di sektor perekonomian khususnya pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa tersebut. Sebab hal ini akan dapat membuka banyak lapangan pekerjaan dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dengan berbagai macam potensi yang ada Desa Mekar Sari, Kecamatan Narmada, Lombok Barat akan terus berbenah dan berupaya beralih dari Desa Berkembang menjadi Desa Maju dan Mandiri di tahun-tahun mendatang. MP02/Abdul Rahim (Inforial/*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menuju Desa Mandiri, Mekar Sari Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat dengan Pengembangan Potensi Lokal

Trending Now