Danrem 162/WB Paparkan Proses Pelayan Terpadu Rehabilitasi dan Rekonstruksi kepada Presiden Jokowi

MandalikaPost.com
Jumat, Maret 22, 2019 | Maret 22, 2019 WIB Last Updated 2019-03-22T08:40:09Z
TAHAPAN BANTUAN. Danrem 162/WB Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani saat memaparkan kepada Presiden Jokowi terkait tahapan proses pencairan dana stimulan bantuan pembangunan RTG. (Foto: Penrem 162/WB)


MATARAM - Presiden RI Ir H Joko Widodo kembali berkunjung ke Lombok untuk meninjau progress percepatan rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana di NTB.

Selain meninjau proses pembangunan RTG di Kota Mataram, Presiden Jokowi juga bertatap muka dengan masyarakat penerima bantuan stimulan, dan menyaksikan proses pelayanan satu pintu pencairan dana stimulan untuk masyarakat korban gempa NTB, Jumat (22/3) di Gedung Hakka, Narmada, Lombok Barat.

Di hadapan Presiden Jokowi, Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, memaparkan tentang tahapan-tahapan pencairan bantuan yang sudah disederhanakan sehingga lebih efektif dan efisien.

Adapun tahapan-tahapan yang dimaksudkan antara lain korban gempa yang sudah memperoleh SK Bupati/Walikota membentuk Pokmas, fasilitator dan tim pendamping masyarakat sesuai dengan jenis kerusakan, menyiapkan kelengkapan adminsitrasi dan rencana anggaran biaya (RAB), persetujuan BPBD dan Dinas Perkim yang dilanjutkan pemeriksaan administrasi oleh Bank BRI sebelum pencairan.

"Apabila pihak Bank BRI sudah melakukan pemeriksaan dan dianggap lengkap sesuai dengan ketentuan, maka pihak BRI melakukan penerbitan buku tabungan untuk selanjutnya dilakukan proses pencairan pelayanan satu pintu di masing-masing kecamatan," jelas Danrem.

Setelah dilakukan pencairan dana bantuan stimulan, lanjut Danrem, dana tersebut langsung diserahkan oleh Pokmas kepada Aplikator sebagai pihak ketiga untuk penyiapan material dan selanjutnya dilakukan perbaikan dan pembangunan rumah sesuai dengan pilihan korban dimasing-masing Pokmas.

Selain itu, tambah Kolonel Ahmad Rizal, pihaknya bersama BPBD dan Dinas Perkim da instansi terkait membuat fakta integritas dengan para Aplikator yag melibatkan LPJK selaku lembaga pengembangan jasa konstruksi.

Usai pemaparan, Presiden Jokowi  dan rombongan kemudian menuju Masjid Nurul Yaqin Bertais, Kecamatan Sandubaya untuk melaksanakan Sholat Jumat dan dilanjutkan peninjauan pembagunan Huntap di Pengempel Kota Mataram.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Danrem 162/WB Paparkan Proses Pelayan Terpadu Rehabilitasi dan Rekonstruksi kepada Presiden Jokowi

Trending Now