Ini Delapan Tips Mengemudi dengan Selamat Ala Dirlantas Polda NTB !!

MandalikaPost.com
Kamis, April 04, 2019 | 16.24 WIB
SAFETY DRIVING. Dirlantas Polda NTB, AKBP Amin Litarso saat memberikan materi Safety Driving, di Mataram. (Istimewa)  


MATARAM - Keselamatan berkendara (Safety Driving) merupakan tujuan dari berbagai regulasi yang tertuang dalam UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009.

Berbagai upaya telah dilakukan Ditlantas Polda NTB untuk tercapainya keselamatan berlalu lintas, seperti sosialisasi melalui media sosial, Lomba Film, sosialisasi ke sekolah - sekolah, dan lainnya.

Perusahaan Hino Motor Lombok yang bernaung di bawah bendera PT Indomobil Cahaya Prima mengadakan Safety Driving Competition 2019 di Mataram.

Dalam kegiatan yang digelar pada tanggal 1 - 2 April 2019 tersebut, Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Amin Litarso, SH menjadi pembicara utama kegiatan tersebut.

BACA JUGA : HMSI Gelar Safety Driving Competition 2019 di Lombok

Dalam paparan yang disampaikan, mantan Wadirlantas Polda Sulawesi Tengah ini menyampaikan pentingnya menjaga keselamatan diri dalam berkendara.

"Ada 8 (delapan) tips agar selamat dalam berkendara. Tentu Tuhan yang menentukan, tetapi tentulah kita wajib untuk berusaha maksimal dalam berusaha selalu selamat dalam berkendara," kata AKBP Amin Litarso.

Delapan tips agar selamat dalam berkendara menurut Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Amin Litarso adalah sebagai berikut :

1. Utamakan keselamatan, janganlah berpikiran atau mempunyai niat agresif dalam mengemudi atau berniat ugal - ugalan dalam mengemudi.

2. Ikuti aturan 2 detik, yaitu menjaga jarak seukuran 2 detik dengan kendaraan di depannya.

3. Perhatikan sekitar anda, jika ada pengemudi lain yang ugal - ugalan agar dihindari.

4. Hindari resiko, pengemudi harus mampu membaca resiko dalam berkendara untuk diatasi atau dihindari.

5. Jangan tergantung dari pengemudi lain, misalnya jangan sekali kali memperkirakan pengendara lain apakah akan belok kiri atau kanan.

6. Kendali ada di tangan anda.

7. Selalu punya jalan keluar, misalnya di saat pengereman mendadak.

8. Fokus mengemudi, jangan hanya karena penasaran ingin mengetahui siapa yang menelepon sampai kemudian membahayakan keselamatan anda.

Selain Dirlantas Polda NTB sebagai pembicara, kegiatan Safety Driving Competition 2019 ini juga mendatangkan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB sebagai pembicara yang lain.

Dalam lomba tersebut, Wadirlantas Polda NTB AKBP Dessy Ismail, S.IK berkesempatan memberikan hadiah untuk para pemenang Safety Driving Competition 2019. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ini Delapan Tips Mengemudi dengan Selamat Ala Dirlantas Polda NTB !!

Trending Now