Kapolda NTB Tekankan Pentingnya Siskamling di Tengah Masyarakat

MandalikaPost.com
Jumat, Juli 19, 2019 | Juli 19, 2019 WIB Last Updated 2019-07-19T04:55:26Z

CINCIN KEHORMATAN. Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana didampingi Bupati Sumbawa HM HUsni Dibril saat menerima cincin kehormatan tamu, dari Tokoh Sumbawa. (Foto : Bidang Humas Polda NTB) 


SUMBAWA - Kapolda NTB, Irjen Pol Nana Sudjana menekankan pentingnya pola Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di tengah masyarakat.

Selain untuk meningkatkan semangat kebersamaan masyarakat, pola ini juga sangat membantu dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan terkecil.

"Di tengah keterbatasan sumberdaya yang ada melalui evaluasi gangguan kamtibmas, kami akan lebih mengedepankan kepada upaya penangkalan dan pencegahan dengan melibatkan masyarakat dalam suatu Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling)," kata Kapolda NTB, Irjen Pol Drs Nana Sudjana, dalam kunjungan kerja di Sumbawa.

Dalam kunjungan itu, Kapolda NTB didampingi pejabat utama, Kamis (18/7), disambut Bupati Sumbawa H M Husni Djibril, dan  melakukan tatap muka dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat se-Kabupaten Sumbawa di kantor Bupati Sumbawa.

Kegiatan ini merupakan silaturahmi Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM sebagai pejabat baru Kapolda NTB dengan masyarakat Kabupaten Sumbawa.

Harapannya agar terus terjalin dukungan yang terus sinergi dari masyarakat bersama Polri dalam mengelola Kamtibmas.

Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana menyampaikan bahwa jajaran Polda NTB tetap berkomitmen untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Sumbawa.

Polda dan jajaran akan memaksimal stabilitas keamanan, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta optimalasi penegakan hukum terhadap kejahatan yang ada akhir-akhir ini seperti narkoba, pencurian dan lain-lain.

Kapolda mengapresiasi situasi dan kondisi yang selama ini kondusif di NTB termasuk di Sumbawa .

Ia berharap hal ini agar tetap dipertahankan dan ditingkatkan terus, tentunya dengan adanya sinergitas Pemda - Polri - TNI bersama masyarakat sehingga kita dapat mengelola potensi kerawanan keamanan yang ada seperti konflik sosial, masalah Pilkades dan Pilkada 2020.

"Kami pun mohon dukungan kembali dari segenap elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan pembinaan Kamtibmas," tukasnya.

Kapolda juga berterimakasih atas masukan dan saran dari Tokoh Adat yang sangat respon begitu ada potensi konflik dengan cepat mengatasinya.

Polda NTB, tambahnya, akan menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Pemprov NTB terkait aktualisasi Tim Penanganan Konflik.

Sementara itu, Bupati Sumbawa H M Husni Djibril menyampaikan bahwa situasi dan kondisi masyarakat Sumbawa masih tetap rukun dengan beraneka ragam suku bangsa yang ada.

"Soliditas dan sinergitas telah terbangun dengan baik. Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka menciptakan kehidupan yang lebih harmonis dan toleran," katanya.

Bupati mengatakan, masyarakat Samawa sangat terbuka dengan kehadiran Kapolda NTB dan rombongan.

Suasana kunjungan Kapolda nampak sangat akrab, cair dan bersahabat.

Apalagi ketiksa salah seorang Tokoh Sumbawa, H Saefullah Karim memberikan cincin kepada Kapolda NTB sebagai penghormatan terhadap tamu yang datang.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama seluruh tokoh dengan FKPD Kabupaten Sumbawa bersama Kapolda NTB. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolda NTB Tekankan Pentingnya Siskamling di Tengah Masyarakat

Trending Now

Iklan