APGN 2019, Para Peserta Mulai Berdatangan di Lombok

MandalikaPost.com
Sabtu, Agustus 31, 2019 | 17.44 WIB
AGPN 2019. Delegasi UGG Council tiba di Gili Trawangan, untuk pertemuan pembuka APGN 2019 Lombok. (Foto : Dinas Kominfotik NTB)


LOMBOK - Para peserta Delegasi  Unesco Global Geopark (UGG) Council yang berasal dari berbagai negara, mulai tiba di Lombok, Nusa Tenggara Barat sejak Kamis, (28/8).

Mereka yang juga akan menjadi peserta Symposium Internasional Asia Pasifik Geopark Network (APGN) tiba lebih awal karena harus mengikuti rangkaian kegiatan awal. Yakni Unesco Global Geopark (UGG) Council Meeting dan APGN AC Meeting, yang bertugas untuk membahas dan menyiapkan regulasi atau peraturan symposium.

Pertemuan awal yang digelar di Hotel Vila Ombak, Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara (KLU) Nusa Tenggara Barat tersebut, dijadwalkan berlangsung selama 4 (empat) dari tanggal 31 Agustus sampai dengan  2 September 2019.

Tampak sudah hadir pada meeting tersebut,  20 orang dari unsur UGG Council dan APGN AC, serta 41 orang dari Observer dalam dan luar negeri. Delegasi UGG Council itu berasal dari berbagai negara.

Diantaranya Perancis, Irlandia, Inggris, Yunani, Spanyol, Norwegia, Ethopia, Mesir, China, Jepang, Malasyia dan Vietnam.
Mereka tiba di Lombok secara bertahap disambut hangat oleh Panitya di Pintu Kedatangan Bandara Internasional Lombok (LIA) dengan busana khas NTB dan penampilan musik tradisonal dan kesenian khas Sasak.

Kemudian para peserta ini mulai menyeberang  ke Gili terawangan, Jumat (30/8-2019) melalui pelabuhan Teluk Nare disambut Bupati KLU, Dr.H. Najmul Akhyar dengan kesenian Gendang Beleq dan kalungan bunga dari jajaran manajemen Hotel Vila Ombak dan aparat kepolisian.

Tiba di Lombok, mendapatkan sambutan hangat dari panitya dan masyarakat, sebagian anggota delegasi mengaku merasa terkesan dan takjub dengan keramahan rakyat NTB.

Mereka pun memuji pengorganisasian dari sejak penjemputan sampai dengan kedatangan mereka di Gili Trawangan. Termasuk pemilihan lokasi meeting di Gili Trawangan.

Pujian dan rasa takjub itu disampaikan para peserta disela-sela jamuan makan malam.  Karena sebagian besar dari delegasi itu mengakui mereka baru pertama kali mengunjungi  Indonesia dan langsung ke Lombok.

Bahkan seorang peserta dari Mesir mengaku sangat bersyukur, karena bisa langsung menyaksikan dan menikmati keindahan pulau Lombok.

Di sesi awal meeting UGG Counsil di Gili Trawangan, yang diikuti oleh para tokoh-tokoh dunia yang masuk dalam GGN UNESCO,  tampak mulai perdebatan hangat.

Dalam ruangan sidang para ahli di bidang Geopark dunia ini terus saling melemparkan argument masing-masing dalam mempertahankan maupun mengimbangi pendapat para ahli lainnya.
Namun suasananya tetap berlangsung sangat dinamis.

Hal yang tampak terjadi perdebatan adalah mengenai regulasi, khususnya terkait kkausul ketentuan atau Peraturan   yang memberikan observer untuk boleh memberikan pendapat.

Dimana pada ketentuan UGGN sebelumnya, 2 tahun yang lalu yang diselenggarakan di China,  observer hanya menjadi peninjau.

Sebagaimana dimaklumi, Geopark Rinjani Lombok-NTB ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan The 6th APGN Symposium tahun 2019 yang akan sejumlah kebijakan penting dibidang lingkungan oleh ratusan ahli geologi dunia.

Dimana kegiatan awal sudah dimulai pada tanggal 31 Agustus 2019, dan akan berakhir pada 6 September 2019. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • APGN 2019, Para Peserta Mulai Berdatangan di Lombok

Trending Now