Iklan Yamaha

Canangkan Cinta Laut, Dinas Kelautan dan Perikanan NTB Gelar Kegiatan Menghadap Laut

MandalikaPost.com
Minggu, Agustus 18, 2019 | 22:27 WIB Last Updated 2019-08-18T15:27:31Z
MENGHADAP LAUT. Masyarakat bersemangat mengikuti kegiatan "Menghadap Laut" yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan NTB di Lombok Timur. (Istimewa)

LOMBOK TIMUR -  Serangkaian dengan peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan  RI ke- 74 tahun 2019, Jajaran Kementrian kelautan dan Perikanan (KKP) secara serentak di seluruh indonesia mencanangkan Gerakan Cinta Laut.

Gerakan yang secara simbolis dilakukan dengan "Menghadap Laut" dilaksanakan Minggu sore (18/8) waktu setempat, secara serentak di sejumlah daerah di Indonesia.

Kegiatan ini beresensi untuk menumbuhkan kesadaran semua pihak, betapa pentingnya menjaga lautan melalui gerakan nyata untuk menjaga kelestariannya.

Di Provinsi NTB, kegiatan Menghadap Laut dipusatkan di pantai Tanjung Luar, Lombok Timur, dan juga pantai Mapak, Lombok Barat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Ir H Lalu Hamdi menjelaskan, kegiatan "Menghadap Laut" di Tanjung Luar diikuti  seluruh insan kelautan dan Perikanan Provinsi dan Kabupaten/Kota di NTB, juga WCS,  Kelompok Masyarakat pengawas (pokmaswas), para kepala desa  dan masyarakat Tanjung Luar, termasuk para pelajar dan generasi melinial.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menghentikan perilaku membuang sampah di sembarang tempat.

"Jangan ada lagi yang membuang sampah ke sungai  apalagi  dipantai karena semuanya akan hanyut ke laut," katanya.

Ia mengimbau agar sampah sebaiknya kelola sampah dengan baik, dipilah antara sampah plastik dan bukan plastik sehingga dapat diolah menjadi barang-barang atau pupuk yang mendatangkan manfaat atau barokah.

Kepada anak-anak yang hadir, Hamdi meminta turut memberitahu pada para orang tuanya untuk menyiapkan tempat sampah. Juga para orang tua agar tidak  lagi menangkap ikan dengan putas, bom atau dengan cara destruktif lainnya karena akan merusak biota lautan. Termasuk merusak terumbu karang.

"Dinas Kelautan dan Perikanan NTB, juga akan terus menfasilitasi Pokmaswas perikanan untuk mengelola sampah pelastik menjadi barang bermanfaat juga sampah organik menjadi cacing-cacing yang dapat dijual untuk pakan unggas," katanya. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Canangkan Cinta Laut, Dinas Kelautan dan Perikanan NTB Gelar Kegiatan Menghadap Laut

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online