Dilepas Gubernur, 41 Penerima Beasiswa NTB Usung Misi Persaudaraan ke Tiongkok

MandalikaPost.com
Minggu, Agustus 25, 2019 | 15.40 WIB
BEASISWA LUAR NEGERI. Pelepasan para penerima beasiswa luar negeri Pemprov NTB, di Pendopo Gubernur NTB di Mataram. (Foto: Humas Pemprov NTB) 

MATARAM – Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah melepas mahasiswa penerima Beasiswa NTB Tujuan Tiongkok (China dan Taiwan), Minggu (25/8) di Pendopo Gubernur NTB.

Dalam sambutannya, Gubernur NTB berpesan kepada seluruh penerima beasiswa mengenai hal-hal penting yang menjadi tujuan mereka belajar ke China dan Taiwan.

Menurut Gubernur, kebijakan mengirimkan mahasiswa ke luar negeri bukanlah semata agar mereka mendapatkan nilai akademis.

Lebih dari itu, para pemuda ini nantinya diharapkan mengusung misi untuk membangun persaudaraan dan kecintaan dengan sesamanya. Dalam hal ini, mereka yang berasal dari berbagai belahan dunia yang berbeda.

“Adik-adik yang akan dikirim ini bukan semata-mata untuk mencari nilai, Jangan sampai ingin nilainya bagus tetapi tidak bergaul. Yang terpenting adalah menumbuhkan persaudaraan dan kecintaan sesama anak bangsa,” ujar Gubernur.

Lebih lanjut, Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini berharap, penerima beasiswa ini akan menjadi pahlawan. Mereka adalah para pelopor, yang akan membuka pintu dan kemudahan bagi generasi penerima beasiswa berikutnya di China dan Taiwan.

“Adik-adik semua dikirim ke luar negeri bukan (semata) untuk menjadi ilmuwan, tapi adik-adik semua dikirim ke luar negeri untuk menjadi pahlawan,” tutupnya.

Kepala Divisi Kerjasama Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB, Imanuela Andilolo, berharap kepada seluruh penerima beasiswa menjaga nama baik NTB.

“Kami berharap adik-adik semua yang akan menempuh pendidikan di China dan Taiwan bisa menjaga nama baik daerah kita,” katanya.

Sebanyak 41 pemuda/pemudi NTB ini nantinya akan menuntut ilmu di Taiwan dan China. Mereka yang mendapatkan beasiswa NTB ini dinyatakan lulus dan diterima di sejumlah perguruan tinggi di dua negara.

Sebanyak 37 orang diterima di China, terdiri dari 23 orang peserta Program Sarjana dan 14 orang Program Doktor. Sedangkan empat orang sisanya akan belajar di Taiwan untuk Program Doktor.

Dalam kesempatan terpisah, Gubernur juga berterima kasih pada sejumlah pihak yang menjadi sponsor program ini. Beberapa diantaranya adalah pemerintah China dan Taiwan yang memberikan beasiswa.

Selain itu, ada pula Perhimpunan Indonesia Tiongkok yang mengalokasikan jatah beasiswa terbesarnya ke NTB. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dilepas Gubernur, 41 Penerima Beasiswa NTB Usung Misi Persaudaraan ke Tiongkok

Trending Now