Iklan Yamaha

Tinjau Dam Pela Perado di Bima, Kepala BNPB Imbau Masyarakat Jaga Kelestarian Hutan dan Lingkungan

MandalikaPost.com
Minggu, Desember 22, 2019 | 23:25 WIB Last Updated 2019-12-22T16:25:05Z
LINGKUNGAN. Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo bersama Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani dan Kalak BPBD NTB H Ahsanul Khalik, dalam kunjungan kerja ke Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Penrem 162/WB)

BIMA - Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo didampingi Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi  Ahmad Rizal Ramdhani, berserta rombongan meninjau Dam Pela Parado serta kondisi gunung yang sudah memprihatinkan, Sabtu (21/12), di Bima, Nusa Tenggara Barat NTB).

Rombongan berangkat dari Bandara Internasional Lombok menuju Bima menggunakan pesawat Nam Air IN652. Kehadiran Kepala BNPB RI bersama rombongan disambut Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, bersama Wakilnya Drs. H. Dahlan M. Noer dan Walikota Bima HM. Lutfi, Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom. di Bandar Sultan Muhamad Salahuddin Bima.

Usai menerima paparan kondisi geografis peta wilayah tentang beberapa titik yang rawan bencana dari Bupati dan Walikota Bima, Kepala BNPB RI bersama rombongan langsung menuju Dam Pela Parado.

Kepala BNPB RI dalam sambutannya meminta agar tidak melakukan peladangan liar dengan membuka lahan kawasan hutan yang berakibat banjir dan tanah longsor dan merugikan kita bersama.

Menurutnya, kondisi kawasan hutan akan dilaporkan kepada Menteri Pertanian RI agar diberikan bantuan bibit pohon buah sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

"Untuk ribuan hektar lahan yang sudah dibalakliar agar disiapkan bibit pohon dan ditanam disekitar lahan kawasan Dam Pela Parado," harap Doni Monardo.

Sebelumnya, Danrem 162/WB dalam sambutannya menginstruksikan kepada Dandim Bima untuk membangun pos terpadu di kawasan Dam Pale Parado untuk mengurangi dan bahkan memberantas perladangan liar maupun illegal logging yang dapat merusak kawasan hutan mengingat dampaknya akan merugikan masyarakat dan pemerintah.

"Mari kita jaga alam sehingga alam menjaga kita," sebut Danrem.

Selain itu, Danrem juga mengingatkan semua pihak untuk membangun sinergitas menjaga kawasan hutan dan lahan disekitar Dam Pela Parado.

"ika masih ada yang berbuat Perladangan liar dan Ilegal logging segera amankan dan diproses sesuai hukum yang berlaku," tegasnya, yang disambut tepuk tangan dan dukungan para undangan.

Sementara Bupati Bima mengucapkan terimakasih atas kehadiran Kepala BNPB RI untuk melihat secara langsung kondisi terbaru Kabupaten Bima terutama kondisi geografi maupun beberapa lokasi yang rawan bencana alam.

Acara dilanjutkan dengan penanaman 1600 pohon bersama anggota Koramil Monta dan Woha, Satpol PP Kabupaten Bima, Polsek Monta, BNPB Kabupaten Bima, KPH Monta dan Parado, UPT. Pertanian Monta dan Parado dan para Kepala Desa Kecamatan Monta. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tinjau Dam Pela Perado di Bima, Kepala BNPB Imbau Masyarakat Jaga Kelestarian Hutan dan Lingkungan

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online