Iklan Yamaha

Selain Nikmatnya Kopi, Banyuatis Caffe Mataram juga Siapkan Barista Class

MandalikaPost.com
Sabtu, Februari 22, 2020 | 16:23 WIB Last Updated 2020-02-22T08:23:26Z
Owner dan Manajer Banyuatis Caffe Mataram, Firman bersama pengunjung caffe, di Mataram.

MATARAM - Trend indie yang menggabungkan konsep kongkow senja sambil menikmati secangkir Kopi, banyak memunculkan tempat-tempat nongkrong asyik di Kota Mataram. Salah satunya Banyuatis Caffe Mataram di jalan Bung Karno, Kota Mataram.

Berbeda dengan coffee shop umumnya, Banyuatis bisa menjadi tempat nongkrong yang asyik sambil belajar filosofi kopi hingga cara meramu kopi yang nikmat berkualitas.

"Ya konsep kami selain bisa menikmati kopi, pengunjung juga bisa punya pengalaman dan menambah wawasan tentang kopi," kata Manajer Banyuatis Caffe Mataram, Firman, Sabtu (22/2) di Mataram.

Firman menjelaskan, kopi adalah salah satu minuman yang memiliki banyak sekali penggemar di seluruh dunia. Namun untuk sajian kopi yang nikmat dan bermutu, tikda sekedar dipengaruhi oleh biji kopi yang berkualitas, tapi juga bagiaman proses pengolahan dan penyajiannya.

Untuk pengolahan dan penyajian, sudah tentu setiap kafe atau coffee shop peran Barista profesional sangat diperlukan.

"Kehandalan barista meracik kopi  tidak langsung muncul begitu saja tanpa pelatihan. Setiap barista terlebih dahulu mengikuti pelatihan barista untuk mendalami pengetahuan tentang kopi dan estetika dari penyajian kopi," katanya.

Hal ini yang ditawarkan Banyuatis Caffe Mataram dengan membuka Barista Class. Pelatihan barista tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin menjadi barista profesional saja, tapi juga kalangan wirausahawan yang ingin memperdalam wawasannya tentang kopi.

Firman mengatakan, Barista Class dibuka karena beberapa tahun terakhir perkembangan caffe atau coffee shop di Indonesia sangat pesat, bahkan di setiap resto dan hotel juga berlomba menyediakan menu kopi terbaik sehingga dibutuhkan  banyak tenaga barista professional.

"Mengingat pentingnya keahlian yang harus dimiliki seorang barista dan juga pengetahuan tentang kopi menjadi tujuan dari kami untuk mendirikan Banyuatis Barista Class ini," kata Firman.

Ia menyampaikan, manfaat mengikuti Banyuatis Barista Class antara lain memiliki pengetahuan tentang kopi diantaranya mampu merasakan, membedakan varian dan kualitas kopi secara profesional.

Selain itu, akan mampu mengoperasikan mesin kopi dan peralatan manual brew, mengenal SOP sebagai seorang barista, memiliki keahlian meracik kopi yang berstandar internasional, memiliki kemampuan berkreasi dalam menciptakan menu-menu kopi, menguasai teknik latte art atau keterampilan melukis diatas kopi.

"Selain itu kami juga ingin meningkatkan peluang kerja atau peluang usaha dalam bidang coffee shop di Mataram," katanya.

Di Banyuatis Barista Class, para peserta akan dilatih oleh trainer professional yang sudah berpengalaman. Mereka juga akan mendapatkan sertifikat barista berstandart internasional.

Berlatih dengan mesin kopi serta peralatan pendukung yang lengkap. Produk kopi yang di gunakan dari Bali Coffee Banyuatis yang sudah di kenal karena kualitas dan rasa kopinya yang melegenda.

"Kami di Banyuatis juga telah menjalin kerjasama dengan 100 caffe, resto, dan hotel yang ada di Bali," katanya.

Untuk Barista Class tingkat pemula, hanya dengan biaya Rp3 juta, peserta sudah bisa mendapatkan pelatihan selama delapan hari, dengan masa pelatihan 120 menit per hari.

Materinya antara lain, Pengenalan Jenis Kopi, Pengenalan Mesin Kopi, dan Coffee Grinding.

Pingin nikmati kopi sambil menambah wawasan tentang kopi? Segera ke Banyuatis Caffe Mataram. MP/Abdul Rahim
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Selain Nikmatnya Kopi, Banyuatis Caffe Mataram juga Siapkan Barista Class

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online