Iklan Yamaha

Siapkan SDM Kepariwisataan di NTB, BTC Berkomitmen Cetak Tenaga Kerja Terampil

MandalikaPost.com
Minggu, Februari 23, 2020 | 14:28 WIB Last Updated 2020-02-23T06:31:04Z
SEMINAR PUBLIC SPEAKING. Direktur LP3 Bidari Tourism College (BTC), Gede Gunanta, saat membuka Seminar Public Speaking, Sabtu (22/2) di Hotel Bidari Mataram. 

MATARAM - Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pariwisata (LP3) Bidari Tourism College (BTC) berkomitmen untuk mencetak tenaga kerja terampil, siap pakai, dan memiliki karakter terpuji, guna mendorong peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di sektor kepariwisataan di Provinsi NTB.

"BTC komitmen untuk itu. Sebab yang dibutuhkan dunia kerja adalah tenaga kerja  yang terampil, dengan karakter terpuji.
Bukan pekerja dengan Indeks Prestasi tinggi tapi lamban, dengan etika moral yan rendah," kata Direktur LP3 BTC, Gede Gunanta, saat membuka Seminar Public Speaking BTC, Sabtu (22/2) di Dewi Uma Meeting Room, Hotel Bidari Mataram, Kota Mataram.

Para nasrasumber dalam Seminar Pubic Speaking LP3 BTC Mataram.

Menurut Gunanta, seminar Public Speaking yang digelar LP3 BTC merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi untuk memperkenalkan kehadiran LP3 BTC dalam upaya memberikan kontribusi melahirkan SDM  yang berkompeten sesuai kebutuhan industri pariwisata.

Berbeda dengan Lembaga Pendidikan Kepariwisataan lainnya, LP3 BTC yang menjadi bagian Bidari Hotel Grup memiliki fasilitas hotel sendiri yang tergabung dalam PHRI NTB. Sehingga para peserta didik bisa langsung menjalankan materi praktek, disamping teori.

Hal ini sejalan dengan paradigma pendidikan nasional yang digaungkan Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim yang lebih mengedepankan praktik dan kerja nyata ketimbang berteori semata.

Baca Juga : LP3 Bidari Tourism College Gelar Sejumlah Seminar dan Lomba Berhadiah Menarik di Mataram

Gunanta menekankan, LP3 BTC hadir untuk mencetak tenaga kerja terampil dengan karakter pribadi yang terpuji. SDM kepariwisataan yang andal ini akan mengisi peluang kerja di sektor pariwisata NTB yang terus berkembang ke depan.

"Banyak dari kita dengan sangat lancar dan fasih menyampaikan ide-ide hebat. Tapi yang dibutuhkan (dunia kerja) adalah bagaimana mewujudkan ide-ide itu secara nyata, mendapatkan profit, menguntungkan dan tidak melanggar hukum. Bila sebaliknya, ide cemerlang hanyalah omong kosong belaka," kata Gunanta.

Menurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut sangat tidak mudah jika tanpa dukungan semua pihak.

"Namun dengan dukungan Tim BTC yang solid, para dosen dari kalangan Industri Pariwisata, hubungan yang luas dan arahan dari Pemerintah Daerah, InsyaAllah atas ijin Tuhan Yang Maha Kuasa, kami optimis untuk itu," kata Gunanta.

Seminar Public Speaking BTC, Sabtu (22/2) melibatkan sekitar 100 peserta perwakilan pelajar SMK, SMA dan MA dari Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Utara. Kegiatan juga dihadiri tim BTC, para Kepala Sekolah dan Guru Pendamping, Pengawas SMA Dinas Pendidikan Provinsi NTB, Kadis Nakertrans  dan Kabid Diknas, Ketua HIPKI Kota Mataram dan kalangan Media.

Nara Sumber yang dihadirkan, dari  kalangan Industri Pariwisata ialah Dedi Fadillah yang menjabat GM Idoop Hotel Mataram, dan Chef Anton yang juga Ketua Indonesian Chef Assosiation (ICA) NTB.

Dalam seminar tersebut, GM Idoop Hotel Mataram Dedi Fadillah memberikan motivasi kepada para pelajar untuk optimis  melihat perkembangan pariwisata di NTB.

Perkembangan pariwisata NTB diperkirakan akan membuka semakin banyak lapangan kerja di industri pariwisata, baik perhotelan, jasa travel, dan lainnya.

Namun ia menekankan, kebutuhan SDM kepariwisataan di NTB ke depan bukan hanya soal kuantitas, tapi juga harus tentang kualitas.

"Peningkatan kualitas SDM kepariwisataan ini akan menjadi salah satu kunci keberhasilan pariwisata NTB. Jadi di tangan adik-adik pelajar ini kelak wajah pariwisata NTB harus lebih baik lagi," kata Dedi.

Tim Dosen LP3 BTC Mataram bersama perwakilan pejabat Kota Mataram, dan sejumlah Kepala SMA, SMK dan MA, usai Seminar Public Speaking LP3 BTC di Hotel Bidari Mataram.

Sementara itu, Wakil Direktur LP3 BTC, Ratna Dewi menjelaskan, seminar tentang Public Speaking ini merupakan rangkaian sejumlah workshop, seminar, dan lomba berhadiah menarik, yang akan dilaksanakan BTC selama empat bulan ke depan.

Selain untuk mengenalkan BTC kepada pelajar SMA, SMK, MA sederajat, program ini dilakukan untuk membuka wawasan dan pemikiran para lulusan tentang peluang kerja yang sangat potensial di sektor Kepariwisataan.

Menurut Dewi, saat ini BTC menyediakan empat jurusan pendidikan setara Diploma 1, yakni jurusan Akomodasi Perhotelan, Housekeeping, Front Office, Food and Beverage, dan DJ Class.

“Dengan target 20 orang perkelas, sehingga menghasilkan tenaga siap pakai siap bekerja dengan biaya hanya Rp12 juta dan bisa dicicil tiga kali,” katanya.

Lulusan SMS, SMK, MA sederajat yang tertarik bergabung dan mengikuti pendidikan di LP3 BTC bisa langsung berkunjung dan mendaftar ke Kampus LP3 BTC Mataram, jalan Bangau Nomor 5, Cakranegara, Kota Mataram. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Siapkan SDM Kepariwisataan di NTB, BTC Berkomitmen Cetak Tenaga Kerja Terampil

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online