Iklan Yamaha

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Aruna Senggigi Gelar Penyuluhan

MandalikaPost.com
Jumat, Maret 06, 2020 | 15:59 WIB Last Updated 2020-03-06T13:40:25Z
ARUNA SENGGIGI. Manajemen dan karyawan Aruna Senggigi mengikuti penyuluhan tentang virus corona yang digelar bersama Dinas Kesehatan Lombok Barat.

LOMBOK BARAT - Penyebaran virus corona (Covid-19) terus diatensi dan diantisipasi semua pihak. Pengetahuan dan pemahaman yang tepat, serta tindakan preventif sebagai antisipasi diperlukan agar tetap waspada namun tidak panik berlebihan.

Langkah preventif dilakukan Aruna Senggigi Resort & Convention dengan menggelar penyuluhan tentang virus corona, kepada para staf dan karyawan, Jumat sore (6/3) di Malimbu Meeting Room, Aruna Senggigi, Lombok Barat.

Kegiatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Lombok Barat ini menghadirkan pemateri Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat, dr. H. Ahmad Taufik Fathony.

"Kami mengapresiasi langkah preventif yang dilakukan Aruna Senggigi Resort & Convention. Dengan kegiatan seperti ini kami berharap aspek pencegahan dini dapat dilakukan," kata dr H Ahmad Taufik.

Dalam penyuluhan, Taufik mengatakan, masyarakat bisa mencegah berbagai jenis virus, termasuk Covid-19 dengan mencuci tangan dengan sabun secara benar.

"Sebisa mungkin menghindari kontak langsung dengan orang lain yang terindikasi sakit," katanya.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk menghindari kontak dengan binatang pembawa virus seperti kelelawar atau ular, menghindari makan daging mentah, dan menghindari terlalu sering menggosok mulut, hidung, dan mata.

"Bila menderita demam lebih dari 38.5 derajat celcius yang disertai dengan batuk pilek dan sesak nafas agar segera memeriksakan diri ke dokter," katanya.

Ia menyarankan, agar penderita batuk bisa menerapkan etika batuk yang benar, yaitu memakai masker atau menutup mulut dengan sapu tangan, dan tidak berhadapan
langsung dengan orang lain yang membuat air liur atau dahaknya mengenai orang lain.

Menurut Taufik, penyebaran virus corona menjadi atensi internasional setelah kasus ini merebak di China dan sejumlah negara lain, termasuk di Indonesia.

Namun, tindakan panik berlebihan tidak baik dan justru bisa menimbulkan keresahan.

"Yang terpenting ikuti petunjuk dan SOP pemerintah dalam mengantisipasi corona," katanya.

Ia mengungkapkan, penyebaran virus corona memang sangat cepat, namun yang berakibat fatal hingga kematian masih sangat kecil.

Menurutnya, virus corona akan berakibat fatal pada penderita yang memiliki penyakit akut sebelumnya seperti bronkitis, TB paru, atau jantung. Dari sisi usia corona juga berisiko fatal bagi penderita berusia di atas 40 tahun.

Taufik menekankan, yang terpenting masyarakat memahami dan mengerti tentang bagaimana virus corona, pola penyebaran dan penanganannya.

GM Aruna Senggigi, Weni Kristanti mengatakan, selain menggelar penyuluhan bagi karyawan, Aruna Senggigi juga sudah melakukan beberapa upaya kewaspadaan dini untuk mengantisipasi virus corona.

Misalnya penempatan Hand Sanitizer sebagai antiseptik, pendistribusian masker, penggunaan disinfektan, serta pemasangan media edukasi berisi panduan untuk menjaga kebersihan di beberapa titik, yaitu lobby, meeting room, restaurant, serta area back office.

"Aruna juga berupaya dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan
menjaga kebersihan lingkungan, baik area dalam maupun luar hotel, serta berusaha untuk mengikuti informasi-informasi penting terkait dengan virus Corona agara mengetahui perkembangannya," kata Weni.

Weni mengatakan, upaya ini perlu
dilakukan demi kepentingan bersama. Berawal dari internal karyawan, ia berharap bahwa langkah - langkah pencegahan dapat pula dipraktekkan kepada para tamu dan masyarakat luas, khususnya di Pulau Lombok.

"Kami berharap peran aktif seluruh karyawan dan tamu hotel dalam upaya pencegahan ini sekaligus membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya virus Corona," katanya.

Ia berharap apa yang dilakukan Aruna dapat memberikan informasi kepada wisatawan bahwa pelaku pariwisata di Lombok sangat menyadari dan telah melakukan tindakan preventif terhadap virus Covid-19,  sehingga dapat memberikan rasa aman kepada wisatawan, baik yang sudah berada di Lombok atau yang berencana mengunjungi Lombok.

"Hal ini tentunya sebagai upaya untuk tetap menjaga stabilitas tingkat kunjungan wisatawan ke Lombok," ujar Weni.

Tentang Aruna Senggigi Resort & Convention

Aruna Senggigi Resort & Convention Managed by Topotels yang berlokasi di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat merupakan hotel bintang 4 yang memiliki fasilitas ballroom terbesar di area Senggigi.

Dengan konsep building dan cottage serta fasilitas meeting room untuk MICE, Aruna Senggigi Resort & Convention memiliki 142 kamar mulal dari tipe superior cottage, deluxe cottage, deluxe building, Suite
dan President Suite dan juga disertai fasilitas penunjang seperti 2 kolam renang.

Kayu Manis Roof Top Café terletak di lantal 3 dan Aruna Seaview yang berlokasi di pinggir pantai sehingga cocok untuk
menikmati sunset yang sangat indah di sore hari, juga memiliki area parkir yang luas. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Aruna Senggigi Gelar Penyuluhan

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online