Iklan Yamaha

Lima Lingkungan di Cakra Utara Disemprot Disinfektan, Masyarakat mulai Sadar Pentingnya "Jaga Jarak"

MandalikaPost.com
Minggu, April 05, 2020 | 16:54 WIB Last Updated 2020-04-05T08:57:35Z
Aparatur Kelurahan Cakra Utara bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid019 di wilayah Cakra Utara, Kota Mataram.

MATARAM - Pemerintah Kelurahan Cakra Utara terus melakukan kegiatan yang mendukung program kebijakan Pemkot Mataram dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kota Mataram.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan di lima lingkungan wilayah Cakra Utara, pemerintah setempat juga terus menggelar sosialisasi dan edukasi serta imbauan agar masyarakat mentaati anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing, physical distancing, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Satu pekan kemarin kita sudah laksanakan penyemprotan disinfektan di lima lingkungan yang ada, khususnya untuk Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial. Imbauan-imbauan juga terus kami lakukan, dan saat ini udah mulai nampak ada kesadaran masyarakat untuk melakukan physical distancing atau jaga jarak," kata Kepala Seksi Sosial dan Pembinaan Masyarakat, Kelurahan Cakra Utara, Lalu Halit Wahyu Jati SE, Minggu (5/4) di Mataram.

Penyemprotan disinfektan di sebuah Pura di Kelurahan Cakra Utara.

Menurut Halit, upaya yang dilakukan Kelurahan Cakra Utara tak lepas dari sikap tegas Lurah Cakra Utara, I Gde Sweca S.Sos, yang selalu mengawal program percepatan penanganan Covid-19 di Kota Mataram ini.

Dalam sepekan kemarin, Lurah Scewa dan jajarannya bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat ikut turun setiap hari mengawal proses penyemprotan disinfektan di tiap lingkungan.

Menggunakan dua kendaraan penyemprot disinfektan, tim kelurahan melakukan penyisiran untuk menyemprot sekolah, Puskesmas, Masjid dan Mushola, Pura hingga lokasi pasar di Cakra Utara.

"Sesuai arahan pak Walikota, kita lakukan penyemprotan disinfektan ini setiap hari di pekan pertama. Dan selanjutnya akan rutin dilakukan minimal dua kali seminggu di setiap lingkungan," kata Halit.

Selain penyemprotan disinfektan, masing-masing lingkungan di Kelurahan Cakara Utara juga menyediakan dua tandon sarana cuci tangan, lengkap dengan sabun cair dan handsanitizer di masing-masing lingkungan.

Petugas Kelurahan Cakra Utara melakukan penyemprotan disinfektan di Fasilitas Umum yang ada di wilayah Kelurahan Cakra Utara.

Masyarakat setempat juga diimbau untuk mentaati aturan jam malam yang ditetapkan di Kota Mataram, yakni dari pukul 22.00 Wita hingga pukul 04.00 Wita agar tidak keluyuran dan hendaknya sudah berada di rumah masing-masing.

"Kami dari kelurahan juga terus mengimbau para pengusaha di Cakra Utara untuk menutup usaha atau dagangan mereka lebih cepat setiap hari. Masyarakat juga kita imbau untuk tidak mengadakan kegiatan yang berkumpul banyak orang," katanya.

Halit mengakui, sejak kasus Covid-19 diberitakan mulai masuk di Kota Mataram, kesadaran masyarakat pun semakin baik untuk berpartisipasi meminimalisir penyebaran Covid-19 ini.

Ia berharap hal ini bisa terus dilakukan sehingga Kota Mataram bisa benar-benar meminimalisir Covid-19.

"Tiap Lingkungan juga sudah kita minta agar ikut mendata warga yang baru datang atau pulang dari luar daerah atau luar negeri. Sehingga mereka bisa melakukan isolasi mandiri di rumah. Jika ada warga yang sakit, lingkungan juga bisa segera melaporkan ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat," katanya. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lima Lingkungan di Cakra Utara Disemprot Disinfektan, Masyarakat mulai Sadar Pentingnya "Jaga Jarak"

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online