Kades Mekar Sari Salurkan BLT Desa untuk Warga Terdampak Pandemi Corona

MandalikaPost.com
Rabu, Mei 20, 2020 | 17.06 WIB
Kades Mekar Sari, Sapinah menyerahkan bantuan BLT DD secara simbolik kepada warga penerima manfaat.

LOMBOK BARAT - Pemerintah Desa Mekar Sari, Kecamatan Narmada, Lombok Barat mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama bagi masyarakat terdampak pendemi corona.

Bantuan sebesar Rp600 ribu per-KK penerima manfaat, itu diserahkan oleh Kepala Desa Mekar sari Sapinah secara simbolik kepada masyarakat,  didampingi oleh Bhabinkamtibmas dan staf Desa, Senin (20/5) di aula Kantor Desa Mekar sari.

Kepala Desa Mekar Sari, Sapinah menjelaskan, penyaluran bantuan dilakukan untuk 163 Kepala Keluarga (KK) yang terdaftar sebagai penerima manfaat BLT Covid-19.

Para penerima manfaat BLT ini tersebar di 6 dusun di Desa Mekar sari, yang pembagiannya akan diatur bergiliran.

"Dananya kita sisihkan dari Dana Desa tahun 2020 yang totalnya Rp 984 juta. Untuk BLT ini kita ambil sekitar 30% dari 984 itu. Di mana masing-masing KK penerima manfaat mendapatkan Rp600 ribu tiap bulan, selama April hingga Juni," katanya.

Sapinah menegaskan, progam BLT DD ini harus tepat sasaran, sehingga diberikan kepada mereka yang berusia di atas 45 tahun dan rentan baik dari sisi kesehatan dan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19.

"Warga penerima manfaat BLT DD ini juga kita data dengan baik sehingga jangan sampai ada yang tumpang tindih dengan penerima program PKH , Bantuan Pangan Non Tunai. Jadi BLT ini benar-benar untuk warga desa yang berhak, wajib menerimanya," katanya.

Menurut Sapinah, untuk memastikan transparansi yang akuntabel, setiap penyaluran bantuan di Desa Mekar Sari selalu melibatkan pemantauan dan pendampingan penyaluran bersama Babinsa dan Babinkamtibmas, serta aparatur Desa.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Mekar Sari Bripka I Komang Wirawan mengatakan, penyaluran bantuan bagi masyarakat Desa juga diharuskan untuk tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19.

"Tetap dilakukan dengan standar protokol Covid-19. Sehingga, selain membantu meringankan beban masyarakat, penyaluran bantuan juga tetap mengedepankan pengaturan physical distancing, dan menggunakan masker," katanya. MP/Abdul Rahim
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kades Mekar Sari Salurkan BLT Desa untuk Warga Terdampak Pandemi Corona

Trending Now