Iklan Yamaha

Paket Sembako JPS Tahap I Sudah Terdistribusi di Kelurahan Cakra Utara

MandalikaPost.com
Jumat, Mei 1 | 23.52 WIB
PAKET BANTUAN. Lurah Cakra Utara, I Gede Sweca bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat menyerahkan paket bantuan Sembako kepada warga terdampak Covid-19. (Dok.Ist) 

MATARAM - Puluhan keluarga penerima paket Sembako Jaring Pengaman Sosial (JPS) di Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram menyatakan terbantu dan mengapresiasi bantuan JPS dari Pemkot Mataram dan JPS Gemilang dari Pemprov NTB.

Umumnya para penerima JPS mengaku terbantu dengan bantuan sembako, karena beberapa pekan terakhir aktivitas mereka terbatas dengan pandemi Covid-19.

"Semua paket JPS untuk tahap pertama, baik yang dari Pemkot Mataram dan juga JPS Gemilang dari Pemprov NTB sudah terdistribusi kepada seluruh keluarga yang terdata dan berhak menerima di kelurahan kami. Ya, memang masyarakat merasa terbantu terutama meringankan beban di masa pandemi saat ini," kata Kepala Seksi Sosial dan Pembinaan Masyarakat, Kelurahan Cakra Utara, Lalu Halit Wahyu Jati SE, Jumat (1/5) di Mataram.

Para penerima Sembako JPS Pemkot Mataram dan JPS Gemilang Pemprov NTB di Kelurahan Cakra Utara. (Kolase/Ist)

Halit menjelaskan, bantuan JPS didstribusikan sejak 25 April lalu, dan diserahkan langsung oleh Lurah Cakra Utara, I Gede Sweca S.Sos kepada perwakilan keluarga penerima di Kantor Lurah setempat.

Bantuan yang disalurkan antara lain 37 paket sembako JPS gemilang dari Pemprov NTB dan 52 paket Sembako JPS dari Pemerintah Kota Mataram.

"Paket Sembako JPS ini disalurkan untuk keluarga terdampak, yang selama ini tidak masuk dalam program PKH dan atau BLT. Kebanyakan pekerja sektor informal, pedagang harian, dan pekerja lepas harian," kata Halit.

Ia mengatakan, rencananya untuk tahap II penyaluran JPS di Kelurahan Cakra Utara juga akan menyasar sekitar 248 orang perempuan yang terkategori sebagai Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (PRSE).

Kategori PRSE meliputi perempuan perempuan menikah atau tidak menikah, tetapi dia merupakan tulang punggung keluarga. Juga perempuan usia 18-59 tahun yang terkategori kluarga miskin, sementra dia juga sebagai tulang punggung dan sumber mata pencaharian keluarga.

"Kelompok PRSE ini juga akan menerima paket bantuan JPS. Tapi tahap II ini seluruhnya dari JPS Pemkot Mataram," kata Halit.

Konsisten Dalam Pencegahan Covid-19

Selain menyalurkan bantuan Sembako JPS untuk masyarakat terdampak, pihak Pemerintah Kelurahan Cakra Utara juga terus melakukan kegiatan yang mendukung program kebijakan Pemkot Mataram dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kota Mataram.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan di lima lingkungan wilayah Cakra Utara, pemerintah setempat juga terus menggelar sosialisasi dan edukasi serta imbauan agar masyarakat mentaati anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing, physical distancing, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Penyemprotan disinfektan masih terus rutin dilakukan delapan kali dalam sebulan. Selain penyemprotan disinfektan, masing-masing lingkungan di Kelurahan Cakara Utara juga menyediakan dua tandon sarana cuci tangan, lengkap dengan sabun cair dan handsanitizer di masing-masing lingkungan," katanya.

Masyarakat setempat juga diimbau untuk mentaati aturan jam malam yang ditetapkan di Kota Mataram, yakni dari pukul 22.00 Wita hingga pukul 04.00 Wita agar tidak keluyuran dan hendaknya sudah berada di rumah masing-masing.

"Kami dari kelurahan juga terus mengimbau para pengusaha di Cakra Utara untuk menutup usaha atau dagangan mereka lebih cepat setiap hari. Masyarakat juga kita imbau untuk tidak mengadakan kegiatan yang berkumpul banyak orang," katanya.

Halit mengakui, sejak kasus Covid-19 diberitakan mulai masuk di Kota Mataram, kesadaran masyarakat pun semakin baik untuk berpartisipasi meminimalisir penyebaran Covid-19 ini.

Ia berharap hal ini bisa terus dilakukan sehingga Kota Mataram bisa benar-benar meminimalisir Covid-19. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Paket Sembako JPS Tahap I Sudah Terdistribusi di Kelurahan Cakra Utara

Trending Now

Iklan