Iklan Yamaha

Desa Sembalun Timba Gading Siap Ikut Lomba Kampung Sehat Nusantara

MandalikaPost.com
Selasa, Juni 23 | 00.39 WIB
Koordinasi membahas Kampung Sehat di Desa Sembalun Timba Gading, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, NTB.

LOMBOK TIMUR - Polres Lombok Timur melalui Polsek Sembalun langsung bergerak menindaklanjuti kesiapan Desa Sembalun Timba Gading, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur untuk mengikuti Lomba Kampung Sehat Nusantara, yang telah dilaunching oleh Gubernur NTB, Kapolda NTB, dan Danrem beserta unsur terkait lainnya, Jumat (19/6), di aula kantor Desa Sembalun Timba Gading.

Kegiatan saat itu dihadiri Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Sembalun, H.M Zaidar Rohman S.STP.,MH sekaligus sebagai Camat Sembalun, Kapolsek Sembalun, IPTU Lalu Panca Warsa SH, Koramil 1615-10/Sembalun, Kepala Puskesmas, Kades Sembalun Timba Gading, para Kepala Dusun, dan tokoh masyarakat.

Kapolsek Sembalun, IPTU Lalu Panca Warsa SH mengatakan, Lomba Kampung Sehat Nusantara merupakan kemandirian Desa beserta masyarakat. Dimana kebijakan di tingkat desa diterapkan dalam penanganan covid 19, dan untuk mendukung progres pemerintah dalam penanganan pandemi virus Covid-19 yang melanda di seluruh Wilayah Indonesia yang dampaknya dirasakan hingga ke desa- desa.

Menurutnya, pemerintah bersama Polri berupaya untuk memutus mata rantai dan pencegahan penyebaran Covid-19, dengan bersama-sama membangun ketangguhan masyarakat dan menumbuhkan semangat kebersamaan untuk lebih waspada dalam menghadapi penyebaran Covid-19.

"Ini kan salah satu upaya Kepolisian RI, untuk membantu dan mendukung pemerintah dalam upaya memutus mata rantai dan pencegahan penyebaran Covid-19. Serta meminimalisir dampak ekonomi, sosial, dan pendidikan di tengah masyarakat," jelas IPTU Lalu Panca Warsa SH, Senin (22/6) di Sembalun.

Dijelaskan, sasaran kegiatan Kampung Sehat adalah masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 yang berada di suatu wilayah ataupun desa. Salah satunya Desa Sembalun Timba Gading yang diketahui bahwa ada salah satu warga desa tersebut yang terpapar Covid-19.

"Supaya kemandirian dalam menghadapi situasi, tidak hanya terfokus dengan penyebaran Covid-19 saja. Agar masyarakat bisa beraktifitas seperti biasa, dengan tetap mengikuti protokol Kesehatan dalam transisi menuju new normal," katanya.

Lalu Panca juga mendorong masyarakat untuk mengembangkan inovasi kreatifitas, dengan memanfaatkan potensi masing-masing. Dan yang terpenting merubah mindset masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran dalam protokol Kesehatan covid-19.

“SOP kesehatan di Desa secara administrasi harus dilengkapi, selalu berkoordianasi dengan tim Satgas Kecamatan. Juga penguatan program yang sudah ada melalui pendampingan TNI-Polri dan intansi lainnya," katanya.

Kapolsesk Sembalun ini menekankan yang terpenting yaitu partisipasi masyarakat, sebagai Indikator mengukur kemandiran di setiap Desa untuk menghadapi situasi saat ini. Dalam Inovasi yang akan diterapkan, agar menyesuaikan dengan karakteristik masing-masing Desa dalam penerapan protokol kesehatan covid-19.

"Intinya Kampung Sehat adalah, sejauh mana Desa bisa memberdayakan masyarakat untuk berperan aktif. Menyadarkan masyarakat dengan kebiasan yang baru," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sembalun Timba Gading, Ridowan Hardi menyatakan pihaknya sangat mendukung sepenuhnya dan mengapreasasi kegiatan lomba Kampung Sehat Nusantara. Apalagi wilayahnya dipilih untuk mewakili semua desa yang ada di Kecamatan Sembalun untuk mengikuti lomba Kampung Sehat Nusantara.

"Kami sangat berterimakasih, dan mendukung sepenuhnya kegitan tersebut. Kesempatan ini kami jadikan sebagai media edukasi dimasyarakat tentang bahaya dan kewaspadaan terhadap pandemi covid-19," katanya.

Ridowan mengatakan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan semua pihak, baik itu tim Satgas Covid-19 Kecamatan dan unsur masyarakat. Terkait perkembangan situasi, kondisi yang ada di desanya, baik itu program maupun upaya yang telah dilakukan untuk memutus dan mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut.

"Kami selalau berkoordinasi dengan semua pihak, untuk mencegah penyebaran covid-19. Salah satunya, melibatkan pemuda karang taruna di Desa kami untuk penyemprotan disinfektan dan menghimbau masyarakat selalu menggunakan masker," tutupnya. MP/Rosyidin
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Desa Sembalun Timba Gading Siap Ikut Lomba Kampung Sehat Nusantara

Trending Now

Iklan