Iklan

Kades Sembung Salurkan BLT Tahap II untuk Warga Terdampak Covid-19

MandalikaPost.com
Jumat, Juni 12, 2020 | 14:24 WIB Last Updated 2020-06-14T07:26:33Z
Kades Sembung, H Ali Abdul Syahid menyerahkan bantuan BLT tahap II secara simbolik kepada warga penerima manfaat, di Kantor Desa Sembung, Kecamatan Narmada, Lombok Barat.

LOMBOK BARAT - Sukses di Pencairan Tahap pertama, Pemerintah Desa (Pemdes) Sembung, Kecamatan Narmada, Kab. Lombok Barat kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD tahap dua. Total BLT untuk tahap 1 sampai tahap 3 di Desa ini sebesar Rp 437 Juta.

Penyaluran bantuan tahap II  tersebut dilakukan di Aula Kantor Desa Sembung yang masih dalam kondisi perbaikan, Jumat, (12/6). Pembagian BLT itu dihadiri oleh Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Narmada, Banbinsa, BPD dan Tokoh Masyarakat.

Kepala Desa Sembung H. Ali Abdul Syahid menjelaskan, penyaluran BLT tahap ke II ini ditujukan untuk masyarakat miskin yang terdampak Corona Virus Desease (Covid-19) sejak bulan April lalu. Adapun jumlah penerimanya sebanyak 237 KK.

“Alhamdulillah, hari ini kita salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap II. Semoga dengan bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat dan tentunya tepat sasaran,” ujar Ali.

Lanjut dikatakannya, masing-masing penerima mendapatkan Rp. 600,000. Dan tidak ada pemotongan sedikitpun karena semua masyarakat sudah mendapatkan bantuan lain dari sumber bantuan Pemerintah. Dari 1.224  KK tinggal 63 KK yang belum tersentuh bantuan. Dan itu kita akan usahakan agar juga mendapatkan bantuan.

Adapun sumber bantuan Pemerintah yang sudah didistribusikan ke masyarakat termasuk jumlah penerima sebut Ali yaitu program keluarga harapan (PKH) sebanyak 269 orang, BPNT 81 orang, JPS Gemilang 42 orang, Baznas 49 orang, JPS mantap 134, Non sembako non program pusat sebanyak 41 orang, BLT 237 orang, tambahan JPS mantap 47 orang. Tambahan JPS gemilang 15 orang, Bantuan DPRD untuk 13 orang, BST 228 dan  yang dianggap mampu sebanyak 105.

Untuk itu ia pun berharap bantuan JPS mantap dari Kabupaten Lombok Barat untuk segera dicairkan  karena sampai saat ini belum jelas pendistribusiannya.

"Apapun caranya Pemda Kabupaten harus segera cairkan,"cetus Ali.

Meskipun pembayaran belum dilakukan Pemerintah ke Bumdes Desa pihaknya sudah siapkan materi atau sembako yang akan didistribusikan ke masyarakat.
"Tolong JPS mantap disegerakan jagan terlalu birokratis, berbelit-belit dan mohon dimudahkan bumdes, kami mencairkan dana bumdes-nya," harap Ali.

Sementara Jumsah dan Fina Ariani warga Sembung Timur, di antara yang menerima bantuan, bersyukur dan berterima kasih Kepada Pemerintah Desa yang telah menyalurkan bantuan BLT tahap kedua karena bantuan yang diberikan sangat berharga untuk membeli kebutuhan rumah tangga terutama untuk membeli beras.

"Bantuan ini saya gunakan untuk membeli sembako karna saya tidak ada usaha dan saya ibu rumah taangga,"ujar Fina.

Hal senada juga di sampaikan Jumsah, seorang buruh tani.

“Bantuan yang diberikan pemdes ini saya pakai untuk beli beras," akunya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kades Sembung Salurkan BLT Tahap II untuk Warga Terdampak Covid-19

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online