Alokasikan Rp900 Miliar, ITDC Gandeng PTPP untuk Percepat Pembangunan Sirkuit Mandalika

MandalikaPost.com
Sabtu, Juli 18, 2020 | 01.35 WIB
Desain sirkuit terbuka di KEK Mandalika, Lombok Tengah.

JAKARTA - Pembangunan sirkuit terbuka di KEK Mandalika Lombok dipastikan terus berjalan dan dipercepat. PT PP telah melakukan penandatanganan kerja sama Pembangunan Jalan Kawasan Khusus KEK Mandalika. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan an­tara dua pihak, PTPP dengan PT Pengembangan Pariwi­sata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Develop­ment Corporation (ITDC).

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan, per­seroan akan mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Kawasan Khsusus KEK Mandalika. Nantinya kawasan ini digunakan untuk penyel­enggaraan MotoGP Indonesia yang direncanakan akan ber­langsung pada 2021 menda­tang.

”Pembangunan Jalan Kawa­san Khusus KEK Mandalika merupakan bagian dari Ka­wasan Sirkuit Mandalika yang dibangun di atas lahan selu­as 52,5 hektare di dalam Ka­wasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas The Manda­lika yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat,” katanya, Jumat (17/7) di Jakarta.

Menurutnya, proyek pembangunan jalan senilai Rp900 miliar dimiliki langsung oleh ITDC. Pembiayaannya menggunakan skema Pre-Financed Project. Pembiay­aan pembangunan proyek tersebut juga didukung ang­gota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Ra­kyat Indonesia (Persero) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

”Pembangunan Jalan Kawa­san Khusus KEK Mandalika dengan panjang lintasan 4,31 kilometer merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun dengan konsep menawarkan pemandangan indah yang dikelilingi ham­paran perbukitan dan pantai,” ucapnya.

Selain itu, menurutnya, sir­kuit ini juga akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia yang menyelenggarakan perhelatan MotoGP. Ke depan PTPP berupaya melanjutkan pekerjaan pembangunan ja­lan di Sirkuit Mandalika yang sebelumnya telah mencapai progress 40 persen.

“PT PP optimistis dapat menyelesaikan pembangu­nan jalan tersebut sesuai dengan target yang telah ditetapkan pada pertengahan Juni 2021. Kami yakin dapat menghasilkan pembangunan jalan dengan kualitas tinggi dan sesuai dengan standar internasional yang telah di­tentukan oleh Fédération Internationale de Motocy­clisme (FIM),” ujarnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Alokasikan Rp900 Miliar, ITDC Gandeng PTPP untuk Percepat Pembangunan Sirkuit Mandalika

Trending Now