Dokter Siloam Hospitals Mataram Ini Ingatkan Pentingnya Disiplin Persiapan Persalinan di Masa New Normal

MandalikaPost.com
Senin, Juli 13, 2020 | 09.55 WIB
Layanan pemeriksaan kehamilan di Siloam Hospitals Mataram.

MATARAM - Kehamilan merupakan anugerah bagi setiap ibu. Karenanya, persiapan hingga menghadapi proses persalinan dipersiapkan sebaik mungkin. Dalam prosesnya, kunci disiplin bagi pasangan yang akan memiliki bayi merupakan hal mutlak, terutama di periode new normal Pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Siloam Hospitals Mataram, dr. IGM Punarbawa, Sp.OG (K), dalam Webinar talk health "Pada Masa Covid-19" yang diselenggarakan manajemen Siloam Hospitals Mataram, Jumat (10/7).

"Rentannya kondisi tubuh ibu hamil akibat turunnya sistem imun tubuh karena adanya perubahan, yaitu adanya janin bayi, merupakan satu hal agar disiplin dalam menjalankan proses kehamilan dan persiapan persalinan. Karenanya setiap pasangan harus saling menjaga dan saling mengingatkan," ujar dr. IGM Punarbawa, Sp.OG (K).

Menurut IGM Punarbawa, tiga hal dalam menjalankan kedisiplinan pada periode kehamilan mencakup asupan nutrisi istirahat yang lebih banyak dan selalu jaga kesehatan.

"Kenapa tiga hal ini saya tekankan, karena faktor adaptasi pada masa new normal. Dengan asupan nutrisi dan istirahat yang cukup, pertumbuhan janin tetap terjaga. Adapun jaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan merupakan hal mutlak", imbuh Purnabawa mengingatkan.

Dalam kesempatan berikutnya pada materi Rapid Test pun PCR, dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Siloam Hospitals Mataram ini pun tidak mengharuskan ibu hamil melakukan rapid test saat menjalani kehamilan, kecuali jika ibu hamil mengalami sejumlah gejala terpapar virus corona.

"Jika tidak ada gejala terpapar virus atau ada riwayat bepegian jauh dan kontak dengan pasien Covid, saya kira tidak perlu ibu hamil melakukan Rapid Test atau PCR.  Namun saat akan menghadapi proses persalinan, saya mewajibkan adanya Rapid Test atau Rontgen dada, karena akan ada bayi yang lahir," kata Purnabawa.

Dalam bincang Kesehatan tersebut, diulas pula terkait peluang terpaparnya virus corona saat kehamilan.

Menurut Purnabawa, kecil kemungkinannya bayi dalam kandungan tertular virus corona apabila sang ibu merupakan pasien Covid.

"Kecuali akan tertular jika calon bayi masih didalam rahim dan dapat tertular melalui plasenta," jelasnya.

Siloam Hospitals Mataram.

Di akhir Webinar, dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Siloam Hospitals Mataram, dr. IGM Punarbawa, Sp.OG (K), kembali mengingatkan akan pentingnya melakukan pencegahan guna ibu hamil tidak terpapar virus, yaitu dengan melakukan disiplin di setiap fase kehamilan dengan menerapkan protokol kesehatan cegah pandemi Covid-19.

Siloam Hospitals Mataram merupakan salah satu Rumah Sakit swasta ternama di Kota Mataram. Berapa di pusat Kota Mataram, ibukota NTB, Siloam bertekad memberikan pelayanan andal dan terbaik.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dokter Siloam Hospitals Mataram Ini Ingatkan Pentingnya Disiplin Persiapan Persalinan di Masa New Normal

Trending Now