Kembalikan Kejayaan Destinasi, Dispar Lombok Barat Segera Luncurkan Hashtag #AyoKembaliKeSenggigi

MandalikaPost.com
Sabtu, Agustus 29, 2020 | 22.00 WIB
Kegiatan bersih-bersih di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat.

LOMBOK BARAT - Dinas Pariwisata Lombok Barat akan meluncurkan hashtag  #AyoKembaliKeSenggigi, sebagai semangat kolektif mengembalikan kejayaan kawasan wisata andalan daerah Lombok Barat.

Kegiatan pra-launching hashtag #AyoKembaliKeSenggigi, diawali dengan bersih-bersih bersama, Sabtu (29/8) di kawasan Senggigi, Lombok Barat.

"Hashtag #AyoKembaliKeSenggigi nantinya menjadi tagline kita bersama, seluruh pemangku kepentingan untuk mengulang kembali kejayaan Senggigi sebagai destinasi andalan (Lombok Barat)," kata Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H Saiful Akhkam.

Menurut dia, peluncuran hashtag #AyoKembaliKeSenggigi akan dilakukan pada 19 September mendatang, dimulai dengan Senam Zumba Massal.

Untuk memastikan tagline itu semakin menggema, Akhkam mengatakan Dinas Pariwisata bersama para pelaku di Senggigi akan menggelar sejumlah event menarik. Antara lain Bike Camping untuk para penghobi sepada di Pantai Kerandangan, Senam Zumba Massal (19 September), Motor Enduro di Batulayar (19-20 September), Senggigi Soundsation di setiap hari Minggu.

"Kita juga akan gelar kegiatan coral planting untuk memulihkan terumbu karang di areal spot foto underwater yang ada," katanya.

Akhkam mengatakan, kegiatan bersih-bersih bersama sudah beberapa dilakukan di kawasan Senggigi. Namun kegiatan "Ayo-Bersih-Bersih" Sabtu (29/8) kali ini melibatkan lebih banyak partisipasi berbagai pihak.

Bukan hanya membersihkan sampah, para peserta juga merapikan ranting dan dahan pohon di pinggir jalan yang kiranya dapat mengganggu pengendara di kawasan Senggigi.

Selain para staf Dispar Lombok Barat, kegiatan juga diikuti para karyawan dan GM sejumlah hotel, para terapis Spa, ladies dan pramuwisata usaha karaoke, hingga komunitas peduli di kawasan Senggigi.

"Ini di luar perkiraan, bahwa semua pihak mau turun. Tidak hanya dari perhotelan, ini juga diikuti oleh pramuwisata kita di Kafe dan Spa. Ini menunjukan sudah tumbuh kepedulian kita bersama, baik Pemda, pelaku wisata, dan juga masyarakat Senggigi," kata Akhkam.

Menurutnya kali ini merupakan salah satu  kegiatan bersih-bersih yang paling ramai dari sebelumnya.

"Tentu kita di Dispar sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang ikut ambil bagian. Bahkan hari ini kita dibantu Sekda yang langsung ikut nyapu dan angkat sampah," ujar Akhkam antusias.

Sekda Lombok Barat, H Baehaqi juga nampak terlibat kegiatan bersih-bersih di Senggigi. Memberi teladan ke jajaran ASN Lombok Barat, Sekda Baehaqi bahkan berbaur dengan peserta lainnya dan turut menyapu serta mengangkat sampah di kawasan.

Sekda Baihaqi juga menyemangati dan menyampaikan apresiasi kepada para ASN, serta semua pihak yang terlibat dalam kegiatan.

"Saya berterimakasih kepada para ASN yang ikut serta, khususnya yang memberikan motivasi atau yang menggerakkan kegiatan ini yaitu Dinas Pariwisata," kata Baehaqi.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan suatu langkah dan terobosan yang perlu diikuti dan ditiru oleh semua OPD yang ada di Lombok Barat agar progres  kepariwisataan untuk  bangkit dan kembali menjadi basis perekonomian daerah bisa segera terwujud.

Sejumlah pelaku usaha hiburan yang tergabung dalam Assosiasi Pengusaha Hiburan (APH) Senggigi yang juga konsisten ikut mendukung  kegiatan "Ayo Bersih-Bersih" di setiap minggu  mensyukuri semangat yang terjaga dari para pelaku usaha dalam mendukung  kegiatan ini.

"Dengan adanya kegiatan bersih-bersih di Senggigi ini, kita alhamdulillah sudah mulai bangkit lagi dan dari Minggu pertama sampai sekarang tambah ramai. Juga tamu-tamu sudah mulai datang,  teman-teman juga jadi  tambah semangat," kata Ketua APH Senggigi, Herman.

Ia mengatakan, APH Senggigi juga punya   komitmen yang sama untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan Senggigi  untuk para wisatawan.

"Dari APH pagi ini menerjunkan hampir 90 persen personilnya, jadi cukup ramai. Mulai dari depan Polsek Senggigi hingga atas Sheraton hotel sudah bersih. Insyaallah Minggu berikutnya kita akan terus secara estafet membersihkan kawasan Senggigi ini dari sampah agar memberikan kenyamanan kepada pejalan kaki dan wisatawan," katanya.

Kegiatan bersih-bersih ini  juga diikuti oleh komunitas Kopkarwis, Lombok Oceans Care,  anggota Satuan Polisi  Pamong Praja Lobar, jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lobar,  hingga Camat Batulayar beserta jajaran.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kembalikan Kejayaan Destinasi, Dispar Lombok Barat Segera Luncurkan Hashtag #AyoKembaliKeSenggigi

Trending Now