Iklan

Survey MY Institute Tempatkan Elektabilitas Mo-Novi Tertinggi di Pilkada Sumbawa

MandalikaPost.com
Kamis, Oktober 29, 2020 | 13:10 WIB Last Updated 2020-10-30T06:13:30Z

SUMBAWA - Setelah sebelumnya melakukan survei, kini MY Institute kembali mengeluarkan hasil survei terbarunya, yakni untuk Oktober 2020.

Secara umum, dari kelima pasangan calon kepala daerah (paslon kada), hasil survei MY Institute masih menempatkan paslon nomor urut 4 (H Mahmud Abdullah dan Dewi Noviany) konsisten tetap berada diposisi teratas.


Yadi Satriadi selaku Peneliti Lembaga Survei dan Riset MY Institute bersama timnya melakukan sebuah survei elektabilitas sejumlah paslon kada Sumbawa.


Berbagai tahapan dalam Pilkada di Kabupaten Sumbawa sudah dilaksanakan. Dari pendaftaran calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sumbawa hingga kampanye yang telah berjalan hingga nantinya masuk minggu tenang. Sebagian wilayah di tiap kecamatan hingga desa telah digempur oleh seluruh paslon.


Tidak sedikit diantara paslon yang membawa narasi sejuk, ada juga yang tegas dalam memandang persoalan di Kabupaten Sumbawa, sebagai salah satu style paslon untuk “Mempromosikan” diri mereka di tengah masyarakat. Dari berbagai dinamika di tengah masyarakat itu lah lembaga Penelitian dan Survei MY Institute melakukan survei kembali yang sebelumnya dilakukan pada Agustus 2020 lalu.


Sebagaimana diungkapkan pria yang kerap disapa Yadi ini, bahwa survei yang dilakukan sejak tanggal 14-25 Oktober 2020 ini dilakukan untuk melihat elektabilitas para calon kada sebelum pendaftaran, setelah pendaftaran dan satu bulan kurang lebih paslon melakukan kampanye resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).


"Survei MY Institute ini menggunakan metode multistage random sampling, tingkat kepercayaan 95% dengan margin of error 2,6%. Adapun populasi dari survei ini didasarkan pada persebaran pemilih di tingkat Kecamatan hingga Desa sehingga didapatkan sampel sejumlah 1200 responden, Jelas Yadi Satriadi selaku Peneliti MY Institute," ujarnya, Kamis (29/10).


Diterangkannya, hasil dari survei ini didapatkan bahwa Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah bersama Dewi Noviany (Mo-Novy) memiliki elektabiltas tertinggi yaitu sebesar 27,5%.


Kemudian, lanjut dia, disusul oleh pasangan calon Independen Ir. Talifudin bersama Sudirman S.IP (Talif-Sudir) dengan elektabilitas 22,8%. Selanjutnya, pasangan calon H. Syarafuddin Jarot bersama Ir. H. Mokhlis (Jarot-Mokhlis) sebesar 16,3%.


"Sedangkan pasangan calon H. M. Husni Djibril, B.Sc bersama Dr. H. M. Ikhsan Madjid (Husni-Ikhsan) 14,2% serta sebesar 8,8% untuk pasangan bakal calon Nurdin Ranggabarani, SH., MH bersama Burhanudin Jafar Salam (NurSalam). Sementara itu masih terdapat masyarakat yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab sebesar 10,4%," ungkap Yadi.


"Dari survei-survei yang sudah dilakukan oleh MY Institute beberapa bulan lalu, trend Mo Novy masih selalu di atas, disusul oleh Talif Sudir dan untuk perolehan ketiga hingga kelima selalu berubah-ubah posisinya," demikian ia menambahkan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Survey MY Institute Tempatkan Elektabilitas Mo-Novi Tertinggi di Pilkada Sumbawa

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online