Hujan Es di Lombok Timur, Ini Penjelasan BMKG !!

MandalikaPost.com
Minggu, November 22, 2020 | 21.50 WIB
HUJAN ES. Warga mengabadikan gambar butiran es, saat fenomena hujan es terjadi di kawasan Montong Gading, Lombok Timur, Minggu sore (22/11). (Foto: Dok/Istimewa)

MATARAM - BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) membenarkan terjadinya fenomena hujan es di wilayah Montong Gading, Lombok Timur, Minggu sore (22/11).


"Berdasarkan laporan warga yang kami terima benar adanya hujan es di wilayah Montong Gading Lombok Timur sekitar pukul 15.20 siang (Minggu 22/11) menjelang sore tadi," kata Prakirawan BMKG Stamet ZAM, Levi Ratnasari.


Menurutnya, dari hasil pantauan citra radar dan satelit BMKG, terpantau bahwa liputan awan konvektif yakni awan Cumulonimbus terpantau terjadi di sekitar wilayah tersebut.


"Dari citra radar kami terlihat suhu puncak awan Cumulounimbus terpantau sangat dingin yakni mencapai - 80 ℃," katanya. 


Ia menjelaskan, awan Cumolnimbus atau dikenal dengan awan Cb ini dapat terbentuk akibat adanya pemanasan yang kuat di permukaaan serta udara yang labil di wilayah tersebut. Pertumbuhan puncak awan Cb ini dapat lebih dari 6 km.


"Kandungan dari awan Cb dengan suhu puncak awan yang sangat dingin ini (-80℃) dapat menghasilkan butiran es, butiran es dapat jatuh ke permukaan juga didukung oleh kondisi dari suhu di permukaan di wilayah tersebut. Ketika suhu di permukaan atau daratan cukup dingin maka butiran es dari puncak awan Cb tersebut dapat jatuh masih berupa partikel es, sehingga hujan yang di hasilkan berupa butiran es," katanya.



Levi menambahkan, umumnya hujan es terjadi dalam waktu singkat namun diikuti oleh terjadinya hujan lebat yang disertai petir bahkan angin kencang. 


"Untuk itu masyarakat selalu waspada dan mengenali cuaca disekelilingnya jika teramati awan Cb yakni awan berwarna hitam seperti bunga kol dan berlapis sebaiknya mengurangi aktivitas di luar rumah karena potensi cuaca ekstrim dapat terjadi dimana saja dan kapan saja," katanya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hujan Es di Lombok Timur, Ini Penjelasan BMKG !!

Trending Now