Warga Bima dan Dompu di Sumbawa Jatuh Hati dengan Program Jarot-Mokhlis

MandalikaPost.com
Minggu, November 15, 2020 | 22.02 WIB
Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sumbawa Nomor Urut 5, Jarot-Mokhlis.

SUMBAWA - Warga Etnis Bima dan Dompu yang ada di Kabupaten Sumbawa menepis kabar telah mendukung salah satu Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa pada Pilkada 2020. Tokoh Bima Dompu di Sumbawa mengaku malah jatuh hati dengan 15 program yang diusung Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Jarot-Mokhlis untuk membangun Sumbawa Maju.


“Kami tidak mengenal Jarot atau Mokhlis secara pribadi tetapi kami mengenal dua sosok ini melalui programnya, kekuatan, pertemanan dan pengalamannya dalam menjadi pemimpin. Jarot pemimpin perusahaan besar cukup lama dan Mokhlis senior birokrasi,” ungkap  satu tokoh adat etnis Bima Dompu yang ada di Sumbawa, Husein Ibrahim, Minggu (15/11).


Dia menyesalkan klaim salah satu paslon yang menyebutkan etnis ini sudah menyatakan dukungan.


"Kami tidak pernah mendukung Paslon yang dikatakan itu, karena ada salah satu Paslon yang istrinya dari Bima makanya dikaitkan dengan kami etnis Bima Dompu. Tetapi nanti kan bukan istrinya yang bekerja, kami memilih bukan karena etnis tetapi bagaimana pemimpin nantinya dapat membawa Sumbawa lebih maju," ujar Husein saat ditemui di Sumbawa.


Ia menjelaskan, bahwa ia telah berkomunikasi dengan seluruh warga Bima Dompu yang ada di Sumbawa untuk mengklarifikasi kabar tersebut karena isu mendukung ini sudah tersebar luas.

Ia mengaku bahwa masyarakat Sumbawa secara umum memang butuh perubahan untuk Sumbawa maju karena masih banyak yang harus dibenahi pada segala aspek kehidupan dan sektor-sektor strategis untuk mensejahterakan masyarakat.


Hal senada diungkapkan oleh Dies, salah satu warga Kelurahan Seketeng Sumbawa. Ia juga menepis bahwa Etnis Bima Dompu yang jumlahnya sekitar 40 persen dari 3.200 pemilih di Bukit Tinggi Kelurahan Seketeng sama sekali tidak mendukung salah satu paslon seperti yang diklaim.


“Klaim salah satu paslon yang mengatakan kami etnis Bima Dompu di sini mendukungnya itu tidak benar,” jelasnya.


“Etnis Bima Dompu disini malah memilih Jarot-Mokhlis karena program nya bagus seperti membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan UMKM,” jelasnya lagi.


Ia bersama tim akan berupaya keras untuk memenangkan Jarot-Mokhlis di Bukit Tinggi, apapun bentuk resiko yang didapat. Karena selama ini pengangguran di wilayah tersebut sampai saat ini belum terselesaikan.


Seorang petani di Bukit Tinggi Kelurahan Seketeng, Morek juga mengeluhkan selama ini sangat kesulitan dalam mendapatkan bantuan pupuk, dan rendahnya harga jual hasil pertanian komoditi jagung.


“Susah pupuk mas, kami terpaksa beli dengan harga yang mahal kalau ada, sementara hasil pertanian dibayar dengan harga rendah dengan berbagai alasan seperti kadar air dan lainnya,” katanya.


Tak Dibantu Pemkab


Ia juga mengeluh dengan bantuan pemerintah yang tidak pernah diberikan kepadanya. Selama ini, kata dia, pemerintah hanya menjanjikan saja bantuan tetapi tidak pernah terealisasi. 


“Saya tidak pernah dibantu, malah yang mendapat bantuan traktor adalah warga yang lebih mampu dari saya, dan bantuan itu bukan digunakan tetapi dijual kembali. Ini realita,” ungkapnya.


Di tengah kesulitannya mencari nafkah, ia harus menghidupi seorang istri dan dua anaknya yang sudah tumbuh dewasa. Anak pertamanya saat ini duduk di kelas 10 sementara yang kedua duduk di bangku SMP.


“Saya hanya mendapat hasil bersih Rp10 juta pertahun dari hasil penjualan jagung. Sementara lahan yang saya miliki adalah lahan kering atau tadah hujan,” ungkapnya.


Hasil yang ia dapatkan bahkan tidak cukup untuk kebutuhannya sehari-hari, untuk itu ia sambilan menjadi tukang ojek untuk memenuhi uang dapur sehari-hari.


Ia juga berharap dengan hadirnya Jarot-Mokhlis ke depannya akan member peluang kerja bagi anak-anaknya ke depan agar tidak menganggur dan miskin seperti dirinya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Bima dan Dompu di Sumbawa Jatuh Hati dengan Program Jarot-Mokhlis

Trending Now