Iklan Yamaha

Jajal Triatlon Trial, Sandiaga Tekankan Fokus Mandalika untuk Sport Tourism

MandalikaPost.com
Sabtu, Januari 16 | 17.53 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno bersama Dirut ITDC Abdulbar M Mansoer usai menjajal Triatlon Trial di kawasan The Mandalika, Lombok, NTB, Sabtu (16/1). (Foto: Humas ITDC) 

THE MANDALIKA - Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno mencoba medan triatlon trial di kawasan wisata The Mandalika, Lombok, NTB, Sabtu (16/1). Didampingi jajaran Kemeparekraf dan ITDC, Sandiaga Uno melakukan kegiatan olahraga berupa berenang di Pantai Tanjung Aan sepanjang 500 meter, dilanjutkan dengan bersepeda sepanjang 7 km ke arah West Gate The Mandalika, dan berlari dengan jarak 2,5 km sampai Kuta Beach Park. 


Sandiaga mengatakan Triatlon Trial yang dilakukan merupakan bagian persiapan kawasan The Mandalika sebagai destinasi sport tourism unggulan Indonesia.

 

“Kami baru saja menyelesaikan triatlon trial di The Mandalika. Ini adalah bagian dari persiapan teman-teman dari sport tourism untuk mulai menggunakan The Mandalika sebagai DPSP yang kita fokuskan untuk quick winsnya yaitu Sport Tourism. Hari ini juga kita buktikan, berkat dukungan ITDC dan komunitas olahraga, bahwa The Mandalika adalah tempat yang layak untuk sport tourism. Karena saya sudah coba berenang, bersepeda, dan berlari dan merasakan infrastruktur di sini sangat mendukung,” kata Sandiaga Uno.   


Sandiaga berharap, komunitas bisa berkoordinasi dan berkolaborasi dengan ITDC untuk mulai menyusun eventnya sepanjang tahun ini menjelang MotoGP. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan semangat dan motivasi serta agar gaung MotoGP ini bisa terasa di seluruh wilayah Nusantara. 


"Nantinya ada event-event yang akan kami coba kolaborasikan untuk menjadi Calendar of Event kami dan tentunya dengan tetap menerapkan protokol COVID-19 yang ketat," ujar Sandiaga. 


BACA JUGA : Menparekraf Pastikan Kesiapan The Mandalika sebagai Destinasi Sport Tourism Unggulan


Triatlon trial yang dilakukan juga untuk persiapan event Mini Triatlon yang rencananya akan digelar Kemenpar di The Mandalika dan Likupang.


Sandi mengatakan, hal tersebut dilakukan mengingat sepinya aktivitas di dua destinasi pariwisata tersebut selama pandemi corona. 


"Khusus untuk Pulau Lombok saya sengaja datang langsung hari ini untuk bertemu pak Gubernur, juga pelaku usaha pariwisata di Pulau Lombok untuk mendengar kendala-kendala mereka," kata Sandiaga.


Triatlon sendiri merupakan sebuah kompetisi yang terdiri atas serangkaian cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda, dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu.


"Kami rencananya mau bikin mini triatlon di Mandalika dan di Likupang, karena praktis kan enggak ada kegiatan karena covid-19," ucap Sandiaga.


Menurut Sandiaga, rencana untuk mengadakan even olahraga Triatlon di Pulau Lombok telah pula disampaikannya saat rapat bersama Komisi X DPR RI pekan lalu.


Menparekraf Sandiaga Uno bersama Dirut ITDC Abdulbar M Mansoer menjajal lintasan lari dalam Triatlon Trial, Sabtu (16/1) di kawasan The Mandalika, Lombok, NTB. 

Sementara itu, Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer menjelaskan, kawasan The Mandalika merupakan destinasi yang sangat lengkap.


"The Mandalika bisa disiapkan untuk olahraga apapun dan siap menjadi destinasi sport tourism unggulan di Indonesia," kata Abdulbar. 


Menurutnya, selain MotoGP dan WSBK, lanskap The Mandalika cocok untuk olahraga menikmati alam dimana ada 5 pantai, bukit dan gunung yang bisa digunakan untuk trekking serta kegiatan olahraga paralayang. 


"Kemenpora pun sudah menyetujui membangun Mandalika Sports Complex. Jadi, kami sangat welcome sekali apabila Kemenparekraf dan komunitas olahraga lainnya ingin memanfaatkan fasilitas kami,” katanya. 


Ia mengatakan, pada tahun 2021 ini ada dua event internasional olahraga yang telah masuk Calender of Event Provinsi NTB yaitu balap motor MotoGP/ IndonesianGP dan balap sepeda internasional L'Etape yang merupakan bagian dari Tour de France. 


IndonesianGP yang digelar di The Mandalika diperkirakan dapat menarik penonton hingga mencapai 160 ribu orang, sementara L'Etape Indonesia by Tour De France yang menjadikan The Mandalika sebagai salah satu jalur lintasannya, akan diikuti sekitar 2.500 peserta yang berasal dari 15 negara. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jajal Triatlon Trial, Sandiaga Tekankan Fokus Mandalika untuk Sport Tourism

Trending Now

Iklan