Sheraton Senggigi Barista Competition Dorong Pertumbuhan Industri Kopi di Lombok

MandalikaPost.com
Minggu, Januari 31, 2021 | 15.58 WIB
GM Sheraton Senggigi Beach Resort Teezar Mirza dan Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, Saepul Akhkam bersama para juara dalam Sheraton Senggigi Barista Competition.

SENGGIGI - Sheraton Senggigi Barista Competition yang digelar di Sheraton Senggigi Beach Resort, sukses terlaksana selama tiga hari, Kamis 28 Januari hingga Sabtu 30 Januari 2021. Selain menjadi event pariwisata, kegiatan yang didukung Dinas Pariwisata Lombok Barat ini, juga menjadi atraksi industri kreatif yang mendorong pertumbuhan industri Kopi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Acara ini diadakan sebagai langkah awal dalam memulai tahun 2021, di mana Sheraton Senggigi berupaya untuk menggali bakat dari talenta lokal di Pulau Lombok dan sekitarnya.


"Dengan budaya minum kopi yang kini kian menjadi bagian dari gaya hidup lintas generasi, acara ini diharapkan untuk dapat memajukan barista sebagai sebuah profesi penting dalam industri kopi yang berkembang secara pesat," kata Teezar Mirza, General Manager Sheraton Senggigi Beach Resort.


Bekerjasama dengan Hungry Bird Coffee Roaster dan Dinas Pariwisata Lombok Barat, acara ini menghadirkan sederetan dewan juri, di antaranya adalah Prawira Adhiguna, Restu Sadam Hasan dan Michail Seno Ardabuana dari Hungry Bird Coffee Roaster, Nicolas Rozental dari Paddle Brew Coffee Lab, Intan Kumalasari dan Cresentia Gisela Hendra dari PT Boncafe Indonesia, dan Shayla Philipa dari Alter Ego.


Dengan sederet prestasi yang mereka raih, para juri dipercaya untuk menilai dua kompetisi yang digelar, yaitu Kompetisi Latte Art dan Kompetisi Brewing.


Acara ini juga terlaksana berkat dukungan pihak sponsor, yaitu PT. Boncafe Indonesia, Bank NTB Syariah, Bank Indonesia, Greenfields, Aqua dan Garuda Indonesia, serta pihak penyelenggara acara, Melala.Id.
 

“Besar harapan kami agar acara ini dapat memberikan dampak positif untuk industri kopi di pulau tercinta, serta komunitas-komunitas yang terlibat di dalamnya. Selain itu, kami berharap agar ajang ini dapat menjadi sebuah permulaan bagi para talenta lokal untuk berkarya dan bersaing di pentas yang lebih besar,” kata Teezar Mirza.


Rangkaian acara diawali dengan kegiatan Sheraton Talk, di mana para barista dan pecinta kopi diajak untuk menimba ilmu tentang industri kopi, pada 28 Januari 2021. Kegiatan diisi oleh Kepala Dinas Pariwisata, H. Saepul Akhkam yang membahas tentang dukungan pemerintah terhadap industri kopi, dilanjutkan dengan sesi oleh Cresentia Gisela Hendra, Prawira Adhiguna dan Restu Sadam Hasan yang membicarakan tentang seluk-beluk industri kopi di Indonesia. 


Terselenggaranya Sheraton Senggigi Barista Competition mendapat apresiasi tinggi dari Dinas Pariwisata Lombok Barat. Sebab, di tengah kondisi pandemi saat ini, Sheraton Senggigi Beach memiliki semangat tinggi memulihkan ekonomi. Tentunya, dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan.


"Di tengah kekhawatiran dan ketakutan kita, harus ada sisi dimana kita tetap semangat dan pulih secara ekonomi. Dan dimana pulih secara ekonomi sangat tidak boleh meninggalkan kondisi kita saat ini. Saya sangat apresiasi kegiatan ini terlebih dahulu diawali dengan  pemaparan protokol kesehatan. Saya berkeyakinan, di tengah kondisi saat ini, Sheraton Barista Competition menjadi salah satu role mode kita memulai dan menjalani tahun 2021," kata Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, Saepul Akhkam.


Menurut Akhkam, profesi barista saat ini sudah mendekati bahkan mungkin mampu melampaui bartender. NTB, khususnya Lombok mengusung halal tourism dimana indikator utamanya adalah makanan dan minuman. Dan kopi menjadi salah satu pilihan utamanya.


"Saya harap kreatifitas barista mampu menjadi sebuah atraksi pariwisata sehingga pariwisata menjadi lebih menarik," katanya.


Sheraton Senggigi Barista Competition sukses terselenggara di Sheraton Senggigi Beach Resort. Mendukung industri Kopi di Lombok, NTB.


Acara kemudian dilanjutkan dengan Kompetisi Latte Art pada tanggal 29 Januari 2021, di mana 24 barista bertanding untuk menguji kemampuan mereka dalam seni melukis pada secangkir kopi.


Salah seorang juri, Restu Sadam Hasan menjelaskan, kriteria penilaian dalam kompetisi ini tetap mengikuti World Latte Art Championship, namun lebih disederhanakan dengan hanya mempertimbangkan visualisasi dari latte art yang dipertandingkan. 


“Kalau di Kompetisi Latte Art ini sistemnya battle. Kalau kalah akan gugur tanpa ada scoresheet, dan pemenang langsung ditunjuk on the spot,” jelasnya.


Keluar sebagai pemenang dalam Kompetisi Latte Art ini adalah Ni Luh Ayu Sukreni dari Coffee Cartel, Bali, diikuti oleh Samsul Anwar dari Maktal Coffee Bar, Mataram pada posisi kedua dan Imam Fathurrahman dari Rota Kopi, Mataram pada posisi ketiga.


Pemenang kompetisi berhak atas hadiah berupa piala dan uang tunai, serta voucher dari properti milik Marriott International Indonesia. 


Pada tanggal 30 Januari 2021, acara dilanjutkan dengan Kompetisi Brewing yang diikuti oleh 36 barista. Dalam kompetisi ini, barista diadu untuk menyeduh kopi secara manual tanpa menggunakan mesin espresso. Kriteria yang dinilai dalam kompetisi ini adalah dari sweetness, acidity, aftertaste, body dan balance dari kopi yang dipertandingkan. 


“Karena kompetisi ini sistemnya battle, cara penilaiannya pun difokuskan pada rasa,” papar Restu. 


Dalam kompetisi ini, Mizan Rahman dari Kinta Coffee, Mataram keluar sebagai pemenang pertama, diikuti Marta Arisman Ratnadi dari ION Café, Mataram pada posisi kedua dan Muhammad Sa'dullah dari Rumah Dedek Coffee, Mataram  pada posisi ketiga. Seperti kompetisi sebelumnya, pemenang berhak atas hadiah berupa piala dan uang tunai, serta voucher dari properti milik Marriott International Indonesia.  


Tentang Sheraton Senggigi Beach Resort


Sheraton Senggigi Beach Resort adalah gerbang Anda menuju kesenangan dan petualangan. Terletak di Pantai Senggigi, resor tepi pantai ini terletak di atas lanskap tropis seluas 4 hektar dengan 154 kamar.


Sheraton Senggigi Beach Resort dirancang untuk menyediakan tempat bersantai, lengkap dengan program yang terinspirasi dari budaya Lombok yang otentik.


Sheraton Senggigi Beach Resort menawarkan fasilitas kelas dunia, termasuk kolam renang yang ikonik, restoran dengan layanan lengkap, dan Sheraton Fitness Center. Semua kamar dilengkapi dengan tempat tidur Sheraton Signature Sleep Experience yang dikombinasikan dengan kenyamanan Sheraton yang otentik. 


Untuk informasi lebih lanjut tentang Sheraton Senggigi Beach Resort, silakan kunjungi www.sheratonsenggi.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sheraton Senggigi Barista Competition Dorong Pertumbuhan Industri Kopi di Lombok

Trending Now