Iklan BNS

Aplikasi Lestari Permudah Masyarakat Mengakses Program NTB Zero Waste

MandalikaPost.com
Selasa, Februari 9 | 20.32 WIB

Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah.

MATARAM - Pemerintah Provinsi NTB mendesain sebuah aplikasi berbasis website Lestari, untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi tentang program NTB Zero Waste. Selain menyuguhkan informasi lengkap tentang program NTB Zero Waste, aplikasi Lestari juga menyediakan ruang interaksi, di mana masyarakat bisa memberikan saran, masukan, dan juga pengaduan seputar masalah pengelolaan sampah. 


Kanal Pengaduan dalam aplikasi Lestari terkoneksi langsung ke layanan pengaduan NTB Care, sebuah aplikasi yang sudah diluncurkan Pemprov NTB dua tahun lalu.


Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, aplikasi Lestari akan memudahkan masyarakat untuk dapat mengkases berbagai informasi seputar pengelolaan sampah di NTB. Sebab, saat ini kepedulian masyarakat terhadap masalah kebersihan lingkungan dan penanganan sampah di Provinsi NTB sudah mulai tumbuh. 


"Makin meningkatnya pengaduan masyarakat tentang sampah ini membuktikan masyarakat kita makin peduli," kata Wagub Rohmi, dalam kegiatan review aplikasi Lestari, Selasa (9/2) di ruang Anggrek, Kantor Gubernur NTB.


BACA JUGA : Animo Pengaduan Lewat NTB Care Meningkat


Kepedulian masyarakat ini, papar Rohmi, menjadi lecutan bagi Pemerintah untuk terus menyukseskan program NTB Zero Waste. Agar semakin banyak masyarakat yang terlibat dan peduli dalam pengelolaan sampah, maka dibangunlah aplikasi Lestari yang memudahkan masyarakat untuk dapat mengkases berbagai informasi seputar pengelolaan sampah di NTB.


“Adanya aplikasi ini agar dapat menjangkau ke ujung tanpa sekat, sehingga masyarakat maupun Bank Sampah dapat dengan mudah mengaksesnya,” kata Wagub Rohmi.


Menurut dia, mengelola sampah membutuhkan kesadaran dan kemauan kuat bersama di samping juga membutuhkan waktu yang panjang.


“Karena mengubah orang untuk memikirkan sampah pun butuh effort, sehingga jika banyak orang yang berbicara mengenai sampah berarti masyarakat sadar akan manfaat dari sampah tersebut,” tukasnya.


Rapat review aplikasi Lestari di Kantor Gubernur NTB.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, Ir Madani Mukarom menjelaskan, aplikasi Lestari dibuat sesuai mandat Perda Provinsi NTB Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sampah. Sosialisasi program bisa lebih optimal kepada publik dengan menggunakan teknologi informasi.


“Tujuannya (aplikasi Lestari) yaitu membangun sistem pengelolaan sampah yang komprehensif dan untuk penyampaian seluruh program NTB Zero Waste. Sehingga akan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam tata Kelola sampah,” katanya.


Aplikasi Lestari dapat diakses melalui website www.lestari.ntbprov.go.id. Sejumlah fitur tesedia dalam aplikasi, antara lain NTB Zero Waste, Panduan, Lokasi, Agenda, Data Sampah, Sarpras, dan Pengaduan. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aplikasi Lestari Permudah Masyarakat Mengakses Program NTB Zero Waste

Trending Now

Iklan