Iklan Yamaha

Festival Bau Nyale 2021 Digelar Hybrid, Seremoni akan Dilaksanakan Secara Virtual

MandalikaPost.com
Selasa, Februari 09, 2021 | 17:35 WIB Last Updated 2021-02-10T11:07:43Z
Kepala Dinas Pariwisata NTB, H Lalu Moh Faozal.

MATARAM - Festival Pesona Bau Nyale 2021 akan digelar secara hybrid. Pelaksanaan event yang masuk dalam kalender pariwisata NTB 2021 ini juga akan dilakukan dengan penerapan protokol  kesehatan yang ketat.


Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H Lalu Moh Faozal mengatakan, pelaksanaan Festival Pesona Bau Nyale 2021 akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, tahun ini semua seremoni acara akan digelar secara virtual melalui jejaring digital media sosial.


"Karena tahun ini kan kita masih pandemi, jadi semua protokol kesehatan harus ditaati. Bau Nyale tahun ini digelar hybrid, dan semua seremoni dilakukan virtual atau online," kata Faozal, usai mengikuti kegiatan kehumasan Poltekpar Lombok, Selasa (9/2) di Gedung Rektorat Poltekpar Lombok, Kota Praya, Lombok Tengah.


Ia mengatakan, puncak Festival Pesona Bau Nyale akan digelar pada tanggal 3-4 Maret 2021 di kawasan pantai Seger, KEK Mandalika, Lombok Tengah. Festival akan diisi dengan beberapa kegiatan seperti fashion show, diskusi pariwisata dan industri kreatif, forum dialog ekraf, dan beberapa lainnya.


"Semua kegiatan nantinya akan direcord dan disiarkan melalui website dan medsos resmi Dinas Pariwisata NTB, seperti facebook dan youtube," katanya.


Tradisi Bau Nyale yang berkaitan erat dengan legenda Putri Mandalika di Lombok, memang merupakan tradisi tahunan yang dilaksanakan masyarakat di sepanjang kawasan pantai Selatan, pulau Lombok.


Ribuan masyarakat biasanya berbondong-bondong ke pantai untuk memburu cacing laut jenis Wawo, yang secara mitologi diyakini sebagai jelmaan Putri Mandalika.


Tradisi seni budaya yang eksotis dan mengundang minat wisatawan ini kemudian dikemas sebagai atraksi pariwisata, sejak puluhan tahun lalu.


Tapi, tahun ini karena masa pandemi Covid-19, rangkaian kegiatan kepariwisataan dalam event ini tidak dilakukan secara offline.


Faozal mengatakan, tidak ada panggung hiburan dan kegiatan lainnya yang berpotensi mengumpulkan orang dalam jumlah banyak. 


"Ini untuk menghindari terjadinya kluster baru Covid-19. Festival kita gelar secara virtual," katanya.


Menurutnya, seremoni Festival Pesona Bau Nyale 2021 akan disaksikan Menparekraf Sandiaga Uno dan jajaran Kemenparekraf. Menparekraf Sandiaga Uno dijadwalkan ikut memberikan sambutan dalam pembukaan festival, melalui video conference dari Jakarta.


"Ya kita berharap, pelaksanaan Festival Pesona Bau Nyale secara online ini, juga bisa membangkitkan gairah sektor pariwisata kita di Lombok dan NTB pada umumnya," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Festival Bau Nyale 2021 Digelar Hybrid, Seremoni akan Dilaksanakan Secara Virtual

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online