Gencarkan Tes Antigen, Satgas Covid-19 Kota Mataram Targetkan Tiga Ribu Sampel Acak

MandalikaPost.com
Kamis, Februari 04, 2021 | 16.11 WIB
Direktur RSUD Kota Mataram, dr H Lalu Herman Mahaputra.

MATARAM - Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Mataram terus menggencarkan tes usap antigen Covid-19 secara massal. Kegiatan dilakukan di perkantoran dan  fasilitas publik dengan target menyasar 3.000 sampel secara acak.


"Saat ini kami sedang melatih 26 petugas tes usap antigen COVID-19, yang akan kita turunkan pekan depan untuk mengambil sekitar 3.000 sampel dari masyarakat secara acak, baik yang berada di perkantoran maupun di fasilitas publik," kata anggota Satuan Gugus Tugas yang juga Direktur RSUD Kota Mataram dr H Lalu Herman Mahaputra di Mataram, Kamis (4/2), di Mataram.


Ia mengatakan, pelaksanaan kegiatan tes usap antigen Covid-19 digencarkan untuk mengejar target agar Mataram keluar dari zona oranye (risiko sedang) menjadi zona hijau, atau tanpa kasus Covid-19.


"Untuk mencapai target itu, apapun risikonya akan kita terobos,termasuk anggaran, penyiapan reagen, petugas serta kebutuhan lainnya," katanya.


Terkait ketersediaan reagen, menurutnya, sejauh ini tidak ada masalah, sehingga berapapun sampel yang akan diambil dan reagen yang dibutuhkan, pihak RSUD Mataram siap.


"Sekarang kita memiliki sekitar 3.000-an reagen, untuk kegiatan tes usap antigen COVID-19 massal pekan depan," katanya.


Untuk pekan ini, lanjut dr Jack (sapaan akrab dr Lalu Herman Mahaputra), telah disiapkan 1.100 reagen, yang disebar melalui 11 puskesmas se-Kota Mataram.


Sebab, kegiatan pengambilan sampel melalui tes usap antigen dilakukan bekerja sama dengan 11 puskesmas di enam kecamatan se-Kota Mataram.


"Jadi satu puskesmas ditarget melakukan tes usap antigen terhadap 100 orang di tempat berbeda," katanya.


Kegiatan tes usap antigen secara massal, baik di lingkungan perkantoran maupun fasilitas publik, dimaksudkan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 melalui praktik 3T (tracing, testing, treatment). (Ant/MP)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gencarkan Tes Antigen, Satgas Covid-19 Kota Mataram Targetkan Tiga Ribu Sampel Acak

Trending Now