Poltekpar Lombok Mulai Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online

MandalikaPost.com
Rabu, Februari 03, 2021 | 20.36 WIB
Plt Direktur Poltekpar Lombok, Herry Rachmat Widjaja.

LOMBOK TENGAH - Politeknik Pariwisata Negeri (Poltekpar) Lombok mulai membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022, bersama PTNP lainnya di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pendaftaran sudah mulai dibuka secara online sejak 1 Februari hingga 27 Mei 2021 mendatang.


Poltekpar Lombok merupakan Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. PTPN jalur vokasi ini menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dengan perbandingan pembelajaran 70 persen praktik dan 30 persennya teori, di didik oleh Dosen/Pengajar yang berkualifikasi S2 dan S3 berpengalaman.


"Poltekpar Lombok di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, didirikan dengan semangat untuk bersaing dikelas Internasional, berjiwa kewirausahaan dan sumber daya manusia yang memiliki Kompetensi di bidang Pariwisata," kata Pelaksanaan Tugas Direktur Poltekpar Lombok, Herry Rachmat Widjaja, Rabu 3 Februari 2021.


Herry menjelaskan, proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBM PTNP) yakni pendaftaran dibuka sejak tanggal 1 Februari sampai tanggal 27 Mei, meliputi pendaftaran dan pencetakan kartu peserta seleksi.


Menurutnya, PMB kali ini tidak ada penerimaan Seleksi Mandiri Masuk (SMM), karena kondisi pandemi Covid-19. Sehingga, ditetapkan melalui SBM terpusat atau bisa diakses melalui website http://sbmptnp.kemenparekraf.go.id.


Ia menjelaskan, ada empat program studi (Prodi) menjadi pilihan calon mahasiswa-mahasiswi yakni D4 usaha perjalanan wisata, ada juga program  studi D3 seni kuliner, kemudian D3 divisi kamar dan D3 tata hidang. Kemudian sebanyak 325 calon mahasiswa-mahasiswi akan diterima dibagi empat prodi.


Oleh karenanya, masyarakat atau putra-putri Nusa Tenggara Barat (NTB) yang ingin mendaftar bisa melalui link http://sbmptnp.kemenparekraf.go.id.


Herry mengaku, proses pendaftaran melalui jalur online itu, sudah diberlakukan sejak 3 tahun lalu di 6 (enam) PTNP.


"Setelah pendaftaran, pembayaran juga dilakukan secara online," kata dia.


Mengingat kondisi pandemi lanjutnya, khusus proses tes bahasa Inggris, Phsycotest dan wawancara juga akan dilakukan secara online. Kecuali, untuk tes kesehatan, dipersilahkan calon mahasiswa-mahasiswi melakukan tes tersebut di pelayanan kesehatan masing-masing.


"Langkah ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19," ujarnya.


Herry menegaskan, pembukaan penerimaan mahasiswa baru ini terbuka untuk umum, baik bagi masyarakat NTB maupun luar NTB.


"Memberikan kesempatan kepada siswa lulusan Sekolah SMA, MA, SMK, MAK termasuk sekolah di luar negeri untuk mengikuti Pendidikan Tinggi Pariwisata," ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Poltekpar Lombok Mulai Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online

Trending Now