Motor Listrik NTB akan Dipromosikan dalam Gernas BBI di The Mandalika

MandalikaPost.com
Sabtu, Februari 06, 2021 | 13.23 WIB
Kepala Dinas Perdagangan NTB, H Wirajaya Kusuma.

MATARAM - Lebih dari 300 IKM dan UMKM yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi NTB siap ikut serta memeriahkan kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), yang digelar 3 Maret 2021 mendatang di kawasan The Mandalika, Lombok Tengah, NTB.


Produk lokal NTB yang akan turut dipromosikan menjadi kebanggaan daerah adalah produk sepeda dan motor listrik.


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinisi NTB, Drs. H Wirajaya Kusuma, M.H., mengungkapkan bahwa beberapa karya putra daerah NTB seperti motor listrik sudah saatnya untuk digaungkan di event Gernas BBI 2021 ini. 


"Seperti yang pernah disampaikan oleh bapak Gubernur NTB agar kalau bisa motor listrik dapat kita tampilkan, sehingga pada saat kita melaunching Gernas BBI ini motor listrik dapat digaungkan dan menjadi prioritas. Di samping itu juga, beberapa kerajinan yang lain seperti tenun dan lain sebagainya," kata Wirajaya, dalam FDG Persiapan Pelaksanaan Gernas BBI 2021, Jumat (5/2) di Kantor Bank Indonesia Perwakilan NTB, di Mataram.


Wirajaya mengatakan, terpilihnya NTB khususnya The Mandalika sebagai tuan rumah Gernas BBI 2021 menjadi peluang bagi NTB mempromosikan produk-produk lokal ke kancah nasional.


BACA JUGA : Tiga Jenis Motor Listik Kebanggaan NTB 


Dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME., mengungkapkan bahwa beberapa produk - produk lokal NTB masih dalam proses pengemasan dan siap menyambut Gernas BBI. 


"Sudah ada beberapa produk yang siap untuk dikurasi, seperti kemasan pangan lokal seperti ayam rarang, sate dan ayam taliwang masih dipersiapkan, dan juga masih mempersiapkan proses izin edar dari BPOM sehingga layak untuk diekspose tingkat nasional," jelasnya. 


Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terpilih menjadi tuan rumah dan akan melangsungkan Gernas BBI di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, pada tanggal 03 Maret 2021 bertepatan dengan Festival Bau Nyale mendatang. 


Kepala Deputi Perwakilan Bank Indonesia, Iwan Kurniawan H., menjelaskan bahwa selain Gernas BBI, terdapat beberapa kegiatan yang tergabung seperti Bangga Berwisata Indonesia dan Gerakan Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2021.


"Provinsi NTB dapat menjadi tuan rumah dan sekaligus menjadi penyelenggara kegiatan yang sangat bergengsi ini. Di dalamnya digabungkan dengan Gerakan berwisata Indonesia dan Gerakan Digitalisasi Indonesia. Jadi dalam satu event besar akan ada tiga pertemuan yang tergabung didalamnya," jelas Iwan Kurniawan.


BACA JUGA : NTB Mall Berhasil Tingkatkan Transaksi Digital UMKM 


Ia memastikan, kegiatan Gernas BBI 2021 nanti tetap menerapkan protokol kesehatan Covid - 19 dan menerapkan 5M dengan ketat. Rencananya rangkaian kegiatan tersebut dimulai dari opening ceremony, showcase, talkshow, on boarding UMKM, Business Matching, Perluasan Qris dan Kampanye BBI dan BWI. 


"Kegiatan ini akan dilakukan secara hybrid ada yang secara offline dan secara virtual. Sehingga protokol kesehatan covid - 19 sangat diperhatikan," katanya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Motor Listrik NTB akan Dipromosikan dalam Gernas BBI di The Mandalika

Trending Now