Sambut HPSN 2021, Dispar NTB akan Gelar Bersih-Bersih Desa Wisata Serentak

MandalikaPost.com
Selasa, Februari 16, 2021 | 16.41 WIB
Kadispar NTB H Lalu Moh Faozal.

MATARAM - Dinas Pariwisata Provinsi NTB akan menggelar aksi bersih-bersih serentak di Desa Wisata, bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Minggu 21 Februari 2021 mendatang.


Kepala Dinas Pariwisata NTB, H Lalu Moh Faozal mengatakan, aksi bersih-bersih digelar serentak setidaknya di 50 Desa Wisata yang ada di Lombok dan Sumbawa.


"Bersih-bersih Desa Wisata di Hari Peduli Sampah Nasional ini akan dipusatkan di Desa Wisata Kuta Mandalika. Tapi kita rencanakan juga dilakukan serentak setidaknya 50 Desa Wisata. Jadi masing-masing Kabupaten dan Kota ada perwakilan 5 Desa wisata," kata Faozal, Selasa (16/2) di Mataram.


Menurutnya, untuk mematangkan kegiatan ini Dispar NTB tengah berkoordinasi dengan Dispar Kabupaten dan Kota, juga dengan perwakilak Pokdarwis di masing-masing Desa Wisata yang akan dilibatkan.


"Kita koordinasi melalui video conference. Yang jelas pelaksanaan aksi bersih Desa Wisata ini dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan," katanya.


Faozal mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian masyarakat di Desa Wisata terhadap kebersihan lingkungan. Apalagi kebersihan merupakan bagian dalam Sapta Pesona Kepariwisataan.


Ia mengatakan, selain untuk memeriahkan HPSN 2021, kegiatan bersih Desa Wisata juga bagian upaya Dispar NTB untuk persiapan pelaksanaan Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan gerakan Bangga Berwisata di Indonesia yang akan digelar di Kuta Mandalika pada 3 Maret mendatang.


"Khusus di Desa Kuta dan sekitarnya ini menjadi program bersih-bersih tahap II, dalam mempersiapkan pelaksanaan BBI dan Bangga Berwisata di Indonesia, 3 Maret nanti," jelasnya.


Faozal menambahkan, aksi bersih Desa Wisata selama ini juga rutin dilakukan para Pokdarwis di sejumlah Desa Wisata secara berkesinambungan.


"Alhamdulillah kesadaran masyarakat di Desa Wisata kita tentang kebersihan sudah cukup baik. Bersih-bersih desa wisata serentak ini makin menguatkan komitmen kami mendukung Hari Peduli Sampah Nasional tahun ini," tukas Faozal.


Ia menegaskan, kegiatan bersih Desa Wisata serentak juga menunjukan bahwa Lombok dan Sumbawa siap menjadi destinasi Bangga Berwisata di Indonesia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sambut HPSN 2021, Dispar NTB akan Gelar Bersih-Bersih Desa Wisata Serentak

Trending Now