Iklan Yamaha

Satgas Covid-19 Mataram Isolasi Tiga PMI di Wisma Nusantara

MandalikaPost.com
Sabtu, Februari 06, 2021 | 13:33 WIB Last Updated 2021-02-06T06:33:44Z
Tiga orang pekerja migran Indonesia (PMI) diisolasi di Wisma Nusantara Mataram.

MATARAM - Pemkot Mataram melalui Satgas Penanganan Covid-19 setempat mengambil langkah cepat dalam menangani kepulangan sebanyak tiga orang pekerja migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari luar negeri. Mereka langsung digelandang untuk melakukan isolasi di Wisma Nusantara, Kota Mataram dengan pengawasan penuh.


"Jadi, tiga PMI asal Kota Mataram tersebut mulai masuk Wisma Nusantara, pada Rabu (3/2) lalu. Selama di lokasi isolasi mereka berada di bawah pengawasan tim kesehatan dari RSUD Kota Mataram," ujar juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Mataram I Nyoman Swandiasa pada wartawan, Jumat (5/2) di Mataram.


Menurut dia, isolasi terhadap PMI tersebut dipisahkan dengan isolasi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala di Hotel Nutana dan Fiz. 


Hal ini tidak lain untuk memudahkan koordinasi dan penanganan. Apalagi, PMI tersebut tidak sepenuhnya terpapar positif Covid-19.


Sebab, lanjut Nyoman, untuk sampai ke Kota Mataram mereka sudah mengantongi surat keterangan bebas Covid-19 dari negara asal. 


"Isolasi PMI di wisma tersebut maksimal lima hari sebagai langkah antisipasi. Jadi, kalau selama isolasi mereka tidak ada yang bergejala terhadap kesehatannya, mereka boleh pulang ke rumah masing-masing," jelas Nyoman.


Sementara itu, Direktur RSUD Kota Mataram dr H Lalu Herman Mahaputra yang dikonfirmasi terkait dengan pengawasan PMI di Wisma Nusantara, mengatakan untuk pengawasan PMI pihaknya telah menurunkan timnya bekerjasama dengan puskesmas terdekat. Adapun bentuk pengawasan yang dilakukan, adalah melakukan skrining terhadap kondisi kesehatan mereka, agar tidak memaparkan di rumah atau lingkungan sekitar mereka.


"Jika sudah tidak ada masalah, mereka boleh pulang. Ini semata-mata untuk memutus rantai penyebaran Covid-19," kata dia.


Sedangkan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram Hariadi yang hendak dikonfirmasi terkait negara asal PMI yang saat ini sedang disolasi, serta potensi penambahan PMI yang akan pulang, belum dapat dihubungi. 


"Memang benar, ada PMI yang diisolasi di Wisma Nusantara sebanyak tiga orang. Tapi, negara-negara asal mereka bekerja di luar negeri akan kita cek," tandas Hariadi. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satgas Covid-19 Mataram Isolasi Tiga PMI di Wisma Nusantara

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online