Dilengkapi Spot Memanah, Berwisata ke Desa Mekar Sari jadi Makin Asyik !!

MandalikaPost.com
Sabtu, Maret 06, 2021 | 20.00 WIB
Mahasiswa KKN Unizar Mataram membantu penataan spot memanah di Desa Wisata Mekar Sari, Kecamatan Narmada, Lombok Barat.

LOMBOK BARAT - Desa Mekarsari, Kecamatan Narmada, Lombok Barat terus berbenah menuju desa wisata yang semakin menarik.


Desa Mekarsari merupakan salah satu desa wisata dalam program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Saat ini Mekarsari membangun berbagai spot swafoto, kolam renang, dan juga tersedia homestay di sini.


Yang terbaru, Pemdes Mekarsari mendesain spot khusus untuk olahraga panah, spot memanah.


Kades Mekarsari, Sapinah menjelaskan, saat ini proses pembangunan kolam renang di desa itu sudah hampir rampung, sementara spot lainnya sedang berjalan, termasuk spot memanah.


"Untuk beberapa spot di Desa ini, kami juga dibantu oleh adik-adik mahasiswa KKN dari  Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) Mataram. Kami mengapresiasi Unizar," katanya, Sabtu (6/3) di Desa Wisata Mekarsari.


Sapinah mengatakan, keberadaan kolam renang yang sebentar lagi rampung  akan bisa dinikmati masyarakat setempat dan mendatangkan pendapatan asli desa (PADes).


“Kami bersyukur ada pembinaan secara kontinyu dari UNIZAR, sehingga apa yang sudah tertuang dalam Master Plan Desa Wisata, satu persatu terselesaikan dengan baik," ungkapnya.


Sapinah mengatakan, keberadaan homestay juga sangat dibutuhkan supaya ada sumber pendapatan bagi masyarakat setempat. Setidaknya, masyarakat sekitar bisa berjualan kuliner dan kebutuhan lain untuk wisatawan yang berkunjung ke sana.


"Perencanaan bagus, bisa menarik perhatian wisatawan Nusantara bahkan mancanegara. Saat ini saja, desa tetangga sudah mulai berdatangan berharap ada pembinaan juga dari Unizar,” ujarnya.


Ia menambahkan, keberadaan desa wisata ini bisa menumbuhkan kembangkan perekonomian masyarakat terlebih di massa pandemi Covid-19.


Sapinah menambahkan, konsep dibuat oleh UNIZAR terhadap keberadaan Desa Wisata yakni Agrowisata. Sehngga dibangun jalan khusus bersepeda bagi wisatawan dan pejalan kaki. Kemudian, konsep Eko yang pertama di Lombok dilengkapi pertanian ikan, sayur organik serta Edu Camp, lapangan bermain panah, tempat berenang dan tempat camping.


“Tujuannya agar makin banyak wisatawan yang berkunjung ke Desa ini," katanya.


Sementara itu, Rektor UNIZAR Mataram, Dr Ir Muh Ansyar berjanji akan terus melakukan pembinaan dan pembimbingan terhadap keberadaan Desa Wisata Mekarsari itu. Ia mengaku sangat sepakat dengan konsep dan keinginan Pemdes. 


“Kami akan lanjutkan kerjasama pengabdian kepada masyarakat ini dengan memberikan ide dan pendampingan memajukan Desa Wisata yang bermanfaat bagi masyarakat," katanya.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dilengkapi Spot Memanah, Berwisata ke Desa Mekar Sari jadi Makin Asyik !!

Trending Now