Diskanlut NTB Gandeng BI Sediakan Chest Freezer untuk Kampung Lobster

MandalikaPost.com
Rabu, Maret 31, 2021 | 15.57 WIB

Kabid PDSPKP Diskanlut NTB Ir Sri Wijayaningsih saat bertemu perwakilan Bank Indonesia NTB di Mataram.

MATARAM - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB terus melakukan upaya-upaya dalam rangka mendukung dan mewujudkan NTB sebagai pusat budidaya lobster melalui kampung lobster yang rencananya akan segera diimplentasikan di Telong Elong, Kabupaten Lombok Timur.


Saat ini Diskanlut NTB menggendeng Bank Indonesia untuk menyiapkan sarana dan prasarana pendukung budidaya di Kampung Lobster. Salah satunya dengan penyediakan chest freezer yang diperuntukkan sebagai tempat penyimpanan bahan baku pakan lobster agar dapat bertahan lama.



Kepala Diskanlut NTB H Yusron Hadi didampingi Kabid Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Ir Sri Wijayaningsih MSi menjelaskan,  koordinasi telah dilakukan koordinasi dengan Bank Indonesia (BI), terkait bantuan chest freezer.


"Ini dilakukan untuk membantu kegiatan para kelompok pembudidaya. Chest freezer tersebut akan digunakan sebagai tempat penyimpanan Siput Darat yang merupakan bahan baku pembuatan pakan Lobster," katanya.


Menurut Sri, Bank Indonesia juga berkomitmen untuk tetap berkontribusi membantu dan mendukung pengembangan usaha masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Hal tersebut akan diproses sesuai dengan prosedur berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.


Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) merupakan ruang lingkup program sejenis CSR yang sangat membantu bagi masyarakat banyak. Program ini membantu Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM), jasa, maupun petani dan nelayan,btermasuk pendidikan, lingkungan hidup dan penanganan bencana seperti pandemi Covid-19.


Pihak BI akan segera melakukan verifikasi terhadap kelompok yang diusulkan sesuai proposal yang diajukan. Jika telah sesuai dengan kriteria penerima bantuan CSR, maka akan segera diproses sesuai prosedur yang telah ditetapkan.


“Semoga bantuan ini dapat terealisasikan sehingga dapat membantu aktifitas budidaya lobster masyarakat, seperti yang kita ketahui Desa Telong Elong merupakan salah satu Sentra Pembudidaya dan Pemasaran Lobster Terbesar di Provinsi NTB,” ujar Sri. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diskanlut NTB Gandeng BI Sediakan Chest Freezer untuk Kampung Lobster

Trending Now