Pastikan Listrik Aman di Bulan Ramadhan, PLN NTB Gelar Pasukan dan Peralatan

MandalikaPost.com
Senin, April 12, 2021 | 17.03 WIB
Pastikan Listrik Aman di Bulan Ramadhan, PLN NTB Gelar Pasukan dan Peralatan
GM PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran saat memeriksa kesiapan petugas dan peralatan dalam gelar pasukan dan peralatan, Senin 12 April 2021, di Kantor PLN UIW NTB, Kota Mataram. (Foto: Dok. Humas PLN NTB)

MATARAM - PLN NTB berupaya memastikan agar suplai listrik tetap aman sepanjang bulan Ramadhan 1442 Hijriah, demi kenyamanan pelanggan dan masyarakat NTB menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun ini.


Untuk memastikan hal tersebut, PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat menggelar apel siaga pasukan dan peralatan, Senin (12/4) secara serentak di seluruh Unit Pelaksana yang tersebar di Provinsi Nusa Tenggara Barat.


"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen PLN untuk tetap memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam menjalani ibadah selama bulan suci Ramadhan, di tengah pandemi Covid-19," kata General Manager PLN UIW NTB, Lasiran, di sela kegiatan di halaman Kantor PLN IUW NTB di Mataram.


BACA JUGA : Dorong Electrivity Lifestyle, PLN NTB Gandeng Ibu-Ibu PKK Masak Pintar dengan Kompor Indukasi


Ia menyebutkan, untuk menjaga kelistrikan sepanjang Ramadhan tahun ini, PLN menyiagakan 935 personel, 134 unit kendaraan, baik mobil ataupun motor, 4 unit Mobile UPS, 15 unit mobile trafo dan 20 unit mobile genset yang tersebar di 14 posko. Semuanya akan siaga 24 jam untuk menjaga keandalan sistem kelistrikan, baik di pulau Lombok maupun pulau Sumbawa.


“Seluruh personel akan bersiaga dengan tetap mengikuti protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Ini merupakan bentuk komitmen kami terhadap keselamatan pegawai kami yang bertugas di lapangan,” jelas Lasiran.


Tak hanya siaga selama Ramadhan, beberapa pemeliharaan preventif pun juga telah dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadhan sebagai upaya pencegahan gangguan dan meminimalisir pemadaman di masyarakat. 


Dipaparkan, sistem kelistrikan Lombok saat ini  memiliki daya mampu sebesar 319 MW dengan beban puncak sebesar 248 MW, sedangkan sistem kelistrikan Sumbawa memiliki daya mampu sebesar 124.8 MW dengan beban puncak sebesar 105 MW. Masih terdapat cadangan daya 71 MW untuk Lombok dan 19.8 untuk sistem Sumbawa. 


Lasiran berharap sistem kelistrikan di NTB akan tetap andal dan aman selama Ramadhan. 


"Namun, memang terkadang ada hal-hal yang tidak diduga, seperti cuaca ekstrem atau ada pohon tumbang yang akan menyebabkan padam listrik," katanya.


Sehingga, Lasiran mengimbau partisipasi masyarakat untuk dapat memberikan informasi kepada PLN NTB apabila menemukan kondisi yang membahayakan lingkungan sekitar. 


Pelaporan kondisi yang berbahaya dapat dilakukan masyarakat melalui aplikasi PLN Mobile, Contact Center PLN 123, instagram @pln123_official, twitter @pln_123, facebook PLN 123. Sedangkan untuk jadwal pemadaman terencana, dapat dilihat di Facebook PLN Wilayah Nusa Tenggara Barat dan juga Instagram @pln.ntb.


“Saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada masyarakat yang menjalankan. Semoga memberikan keberkahan untuk kita semua,” ujar Lasiran.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pastikan Listrik Aman di Bulan Ramadhan, PLN NTB Gelar Pasukan dan Peralatan

Trending Now