Sandiaga : Pembangunan Mandalika dengan ESG

Ariyati Astini
Kamis, Mei 06, 2021 | 18.11 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno beswrta Gubernur NTB Zulkiefkimansyah saat berada di Kawasan ekonomi Khusus Mandalika.

MATARAM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno memastikan progres pembangunan sirkuit Mandalika dan kawasan ekonomi khusus mematuhi lingkungan, sosial dan pemerintahan (ESG) sebagai panduan. 


"Selain kementerian sendiri memiliki panduan yang ketat, ITDC dengan pengawasan yang multilateral sangat berpegang pada ESG tadi", ujar Sandiaga di Mandalika, Kamis (06/05). 


Menandai kunjungan kerja dua hari di Lombok, Menparekraf Sandiaga menerima penyerahan lahan 6,5 hektar dalam Penlok 2 (penetapan lokasi dua) untuk sirkuit MotoGP dari BPN. Begitupula dengan Penlok 1 yang ganti ruginya sudah canggih. Karena itu, kunjungan ini memastikan pembangunan infrastruktur berjalan, aspek lingkungan dan sosial ekonomi masyarakat dan pelaku pariwisata NTB ditata kembali. 


Masyarakat yang mendapatkan ganti rugi lahan pembayaran akan didampingi dan diberikan pelatihan untuk usaha. Mulai Nopember tahun ini untuk Superbike sampai tahun depan Mandalika akan mulai dikunjungi ribuan orang. Ini peluang bagi masyarakat ", jelas Sandi.


Selain itu untuk memastikan sukses penyelenggaraan event internasional itu, vaksinasi dan penerapan CHSE di destinasi wisata terbukti diakui oleh masyarakat internasional  sejak gelaran Bali Democracy Forum. 


"Dan penegakan protokol kesehatan tidak boleh berhenti", tegas Sandiaga.


Dalam kunjungan ke sirkuit Mandalika, Sandiaga menjelaskan proses pengaspalan lapisan pertama 4,3 kilometer sirkuit dan pembayaran 29 bidang lahan dengan dukungan lembaga manajemen aset negara. 


Sandi menambahkan Penlok dua yang dialokasikan sebagai fasilitas pendukung ini nantinya aksesnya sangat terbuka bagi masyarakat sebagai infrastruktur dasar pasca acara gelaran internasional sebagai dukungan Kemenparekraf dalam pemulihan ekonomi NTB. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sandiaga : Pembangunan Mandalika dengan ESG

Trending Now