Polsek Gerung dan FH UMMAT Gelar Dialog Kebangsaan untuk Pilkades Damai

MandalikaPost.com
Sabtu, Juni 12, 2021 | 16.52 WIB
Jajaran FH UMMAT bersama Polsek Gerung dan para peserta Dialog Kebangsaan untuk Pilkades Damai di Lombok Barat.

LOMBOK BARAT - Polres Lombok Barat melalui Polsek Gerung bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) menggelar Dialog Kebangsaan bertema "Mewujudkan Pilkades Damai di Wilayah Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat", Sabtu 12 Juni 2021, di Mako Polsek Gerung, Lombok Barat.


Kegiatan dihadiri Kepala Kesbangpol Lobar H Isnanto Kurniawan, Kapolsek Gerung AKP Syaripuddin Zohri, Camat Gerung H Mulyadi SH, Dekan FH UMMAT Rena Aminwara SH MSi,  Ketua JPKP Lobar DR Akhyae Budiman, Kepala Puskesmas Gerung dr. Zulhana, Panitia Pilkades Tiga Desa di Gerung bersama  Para Calon Kades Tiga Desa dan tamu undangan.


Sebelum dialog kebangsaan terlebih dahulu dilaksanakan kegiaan sepeda santai yang start dari Kampus UMMAT Mataram yang melalui jalur BIL II dan finish di Mako Polsek Gerung dan dilanjutkan dengan kegiatan Senam Sehat. 


Kapolsek Gerung  AKP Syaripuddin Zohri mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk silahturahmi sekaligus sebagai dialog Kebangsaan untuk mewujudkan Pilkades Damai di Wilayah Kecamatan Gerung, Lombok Barat.


"Diharapkan kepada semua kontestan untuk selalu menahan diri dalam memberikan statement yang dapat memecahkan belah persatuan masyarakat dan dapat mengganggu keamanan dan ketertiban," katanya. 


Syaripuddin juga meminta para Cakades untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan karena situasi pada saat ini masih pandemi covid 19. 


Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dekan FH UMMAT beserta jajaran, serta semua pihak yang sudah mendukung suksesnya kegiatan tersebut.


Sementara itu, Dekan FH UMMAT Rena Aminwara menjelaskan, kegiatan ini semula terinisiasi dari kegemaran bersepeda yang kemudian muncul ide untuk melaksanakan kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.


"Kegiatan ini kemudian disambut baik oleh Bapak Kapolsek Gerung dan mudah mudahan kegiatan ini bisa berlanjut dan tidak berhenti disini," katanya.


Ia berharap dalam kegiatan dialog kebangsaan terkait dengan Pilkades serentak ini dapat bermanfaat bagi kita semua sehingga Pilkades serentak ini dapat berjalan dengan aman dan damai. 


Dalam kegiatan Dialog Kebangsaan, Sekretaris Prodi Fakultas Hukum UMMAT Adi Supriadi SH MH menjelaskan, dalam kegiatan Pilkades, pihak PH UMMAT pernah terlibat langsung dalam pembuatan soal tes dalam bidang kebangsaan di Kabupaten Lombok Utara.


Mewujudkan Pilkades Damai, menurut dia, intinya adalah seorang Kades adalah pelayan masyarakat yang sudah diatur dalam UU. Dalam perspektif idiologi prinsip demokrasi kedaulatan ada ditangan rakyat.


"Sekarang Desa itu merupakan dasar dari para Kader yang terbaik untuk perwakilan rakyat di dalam negara demokrasi ini. Harapan saya adalah para Kontestan Pilkades ini bisa beradu secara pikiran yang dapat memajukan Desanya dan bisa mewujudkan Pilkades Damai," tukasnya. 


Rangkaian kegiatan kemudian ditutup dengan deklarasi dan  penandatanganan kesepakatan Pilkades Damai oleh Para Calon Kades, Panitia Pilkades, dan Forkopimcam, serta dilanjutkan dengan Foto bersama. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polsek Gerung dan FH UMMAT Gelar Dialog Kebangsaan untuk Pilkades Damai

Trending Now