Iklan BNS

Bupati Polewari Mandar Puji Program OSAMTU di Lombok Timur

Rosyidin
Selasa, Juli 6 | 15.02 WIB
Bupati Lotim HM Sukiman Azmy menyerahkan cinderamata untuk Bupati Polewari Mandar, H Andi Ibrahim di Sembalun, Lombok Timur.

LOMBOK TIMUR - Bupati Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), H Andi Ibrahim Masdar melakukan study banding ke Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur untuk melihat langsung cara pengolahan sampah sampai tuntas (OSAMTU), Selasa (6/7). 


Turut serta dalam rombongan Bupati Kabaupaten Polewali Mandar adalah. Asisten II H Sukirman , Kadis PU PR H Husain Ismail, Kabag Protokol dan komunikasi pimpinan, DR Aco Musaddad. 


Disambut langsung oleh Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmi. Didampingi Kadis DLHK Lotim HM Zaidar Rohman,SSTP.,MH, Camat Sembalun Mertawi S.Pd, Kades Sembalun Bumbung Sunardi, Kapolsek dan Koramil 1615 Sembalun.


Bupati Polewali Mandar, H Ibrahim Masdar mengaku tertarik dengan konsep OSAMTU tersebut. Yang merupakan salah satu pilot projec untuk mengatasi sampah di Kecamatan Sembalun, khususnya Desa Sembalun Bumbung. 


"Kami datang kemari dalam rangka study banding, belajar tentang pengolahan sampah sampai tuntas. Nantinya akan saya terpakan di daerah kami", kata Andi. 


Andi, mengaku tertarik dengan konsep OSAMTU tersebut. Pasalnya lebih praktis dan hemat, karena begitu masuk langsung hilang sampah. Sehingga ia bersama timnya ingin melihat secara langsung proses dan cara kerja alat tersebut. 


"Ini sangat efektif dari sisi cost dan fungsi, pulang dari sini langsung kita bikin OSAMTU. Dan ini solusi pertama yang saya pilih untuk mengatasi sampah di tempat kami", kata Andi. 


Bupati dua pride di Kabupaten Polewali Mandar ini, sangat takjub dengan kerahtamahan masyarakat setempat dan para petaninya sangat maju. Begitu juga dengan alamnya yang luar bisa apa saja bisa tumbuh disini. 


"Luar bisa alamnya sangat mendukung, sama dengan ditempat kami. Tapi masyarakat kami masih butuh belajar untuk bertani, dibandingkan dengan masyarakat Sembalun jauh lebih maju", ujar Andi. 


Sementara itu Kades Sembalun Bumbung, Sunardi mengaku. Sejak dioperasikannya OSAMTU pada tahun 2020 hingga saat ini, sampah di desanya sudah bisa diatasi meskipun belum tuntas seratus persen (100%). 


"Alhamdulillah, sampah di desa kami berkurang berkat adanya OSAMTU ini. Namun kami tidak pungkiri pengelolaannya belum maksimal, karena kami juga masih belajar", kata Sunardi. 


OSAMTU tersebut, lanjut Sunardi. Dikelola langsung oleh BUMDES setempat dengan sistem iuran dari masyarakat Rp 5000 per bulan. Maka dana yang masuk untuk kas sebanyak 12 hingga 13 juta per bulan, dengan jumelah KK sebanyak 2500 orang lebih. 


"Pengeluaran kita per bulan sekitar 7 juta, Sisanya kita jadikan kas, itu termasuk gaji pegawai. dan pengangkutannya empat kali dalam seminggu", pungkas Sunardi. 


Study banding tersebut diawali dengan pertemuan dan presentasi OSAMTU oleh Prof R Sri Tedjo Wulan, Ph.D. dilanjutkan dengan demo oprasional secara langsung, dan penyerahan olahan produk UMKM Sembalun oleh Bupati Lotim kepada Bupati Polewali Mandar.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Polewari Mandar Puji Program OSAMTU di Lombok Timur

Trending Now

Iklan