Taman Narmada Segera Ditata, Dispar Teken Pakta Integritas Bersama Rekanan

MandalikaPost.com
Rabu, Agustus 04, 2021 | 20.40 WIB
Penandatanganan Pakta Integritas Pengamanan Pembangunan Strategis (PPS)  Penataan Kawasan Wisata Taman Narmada disaksikan Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid dan Assintel Kejati NTB, Munif SH MH. 

MANDALIKAPOST.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) menandatangani Pakta Integritas Pengamanan Pembangunan Strategis (PPS) dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan para penyedia kegiatan Penataan Kawasan Wisata Taman Narmada. 


Penandatanganan disaksikan langsung oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi NTB Munif, Asisten Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi NTB Hilman Azazi, dan Kepala Inspektorat Lobar Hademan di Aula Kantor Dispar Lobar, Rabu (4/8).


Kepala Dispar Lobar Saepul Akhkam mengatakan, penandatanganan pakta integritas ini menjadi komitmen Pemkab Lobar khsusunya Dispar untuk mewujudkan pelaksanaan pekerjaan yang transparan, akuntabel, dan tepat sasaran.


“Ini sebagai upaya untuk semakin menunjukan komitmen kepada semua pihak bahwa upaya untuk menunjukan akuntabilitas itu tidak hanya kita wacanakan tapi kita wujudkan. Supaya nanti bentuk detail proyek mulai dari aspek perencanaan, ketepatan waktu, spek, dan kualitas itu bisa kami kontrol. Saya berkeyakinan dengan pendampingan ini semakin membuat kita nyaman dalam bekerja,” kata Akhkam.


Dalam kegiatan Penataan Kawasan Wisata Taman Narmada, ada 6 (enam) pekerjaan yang akan dikerjakan. Antara lain, Penataan Kawasan Taman Narmada, Penataan Landscape, Pembangunan Panggung Kesenian, Tempat Ibadah, Jalan Dalam Kawasan, dan Lampu Taman Tenaga Surya. 


Akhkam menegaskan, rencana penataan sebesar Rp 2,7 miliar yang sumber dananya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI tahun 2021 ini tidak akan merubah keaslian dari peninggalan sejarah di kawasan Taman Narmada.


”Penataan Kawasan Taman Narmada nantinya akan semakin meningkatkan kapasitas dan kualitas atraksi di destinasi taman narmada. Harapan kami adalah agar masyarakat semakin terpuaskan dengan atraksi-atraksi yang tersedia dan fasilitas-fasilitas tersedia di Taman Narmada,” harap Akhkam.


Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Bupati H. Fauzan Khalid. Menurutnya dengan dilakukannya penandatanganan ini semua pihak akan lebih bertanggung jawab untuk menunjukan dan melaksanakan pekerjaan dengan baik dan benar.


”Saya kira ini kemajuan luar biasa ya. Biasanya pendampingan tidak diawali dengan pertemuan semacam ini. Ini akan mengikat Dispar, PPK, kontraktor untuk memberikan hasil yang terbaik dari pekerjaan yang mereka kerjakan. Saya kira ini bagian dari cara mengikat komitmen bersama untuk hasil yang baik,” ujarnya.


Sementara itu, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi NTB Munif SH MH menjelaskan, pihaknya akan melakukan pendampingan untuk memastikan pekerjaan proyek tidak ada potensi-potensi ancaman, gangguan, maupun hambatan.


Ia menjelaskan, dalam pembangunan pengamanan strategis ada empat hal yang harus dilakukan agar pelaksanaan pembangunan berhasil. Yaitu, identifikasi permsalahan sejak dini, koordinasi, transparansi, dan sinergitas stakeholder terutama pengguna, pelaksana, aparat pengawas, APIP, hingga aparat penegak hukum.


“Tujuan pendampingan dan pengaman kita adalah untuk mendukung pemerintah dalam melaksanakan proyek-proyek strategis. Kita melakukan upaya-upaya pencegahannya. Sekecil apapun permasalahan harus kita lakukan deteksi dan peringatan untuk perbaikan,” terang Munif.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Taman Narmada Segera Ditata, Dispar Teken Pakta Integritas Bersama Rekanan

Trending Now