Jelang World Superbike Mandalika, Polda NTB Percepat Sebaran Vaksinasi di Kawasan Wisata

MandalikaPost.com
Selasa, September 21, 2021 | 16.25 WIB
Kapolda NTB Irjen Pol M Iqbal menyerahkan bantuan kepada perwakilan pelajar usai kegiatan Serbuan Vaksin Nusantara Nawahasta Akabri 98, di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat.

MATARAM - Sekitar 2.500 masyarakat tercatat sebagai sasaran kegiatan Serbuan Vaksin Nusantara Nawahasta Akabri 98, Selasa 21 September 2021, yang dipusatkan di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat.


Secara nasional, kegiatan serupa dilaksanakan serentak di 25 provinsi dan 30 kabupaten oleh alumni Akabri Angkatan 1998 dari empat Matra, dalam upaya membantu percepatan vaksinasi COVID-19 ke masyarakat.


Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto hadir untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi di Jakarta. Video conference juga dilakukan secara daring dengan sejumlah daerah penyelenggara.


Sementara di NTB, Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal bersama Danrem 162 WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, hadir dalam kegiatan yang dipusatkan di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat.


Kapolda Iqbal mengatakan, selain untuk percepatan vaksinasi untuk masyarakat, kegiatan Serbuan Vaksin Nusantara di kawasan destinasi wisata juga untuk menunjukan kesiapan daerah ini dalam menyambut gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika yang bakal dihelat pertengahan November mendatang di Sirkuit Mandalika.


"Alhamdulillah masyarakat kita sangat antusias. NTB ini menjadi salah satu prioritas, terutama untuk menyambut event World Superbike. Ini menunjukan kesiapan daerah ini," kata Kapolda Iqbal.


Ia mengatakan, progres persebaran vaksinasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) secara umum sangat bagus dan menunjukan trend meningkat.


Laporan satgas per tanggal 20 september 2021,  capaiannya vaksinasi di NTB sudah mencapai 56.778 dosis, melebihi target 41 ribu dosis.


"Alhamdulillah laporan Satgas Percepatan Vaksinasi menunjukkan  capaian sangat memuaskan. Target kita kan 41 ribu dosis. Seluruh NTB kita suntikkan 56.778 dosis. Yang terbesar adalah di Lombok Tengah ini," kata  Kapolda Iqbal.


Sementara itu Dirreskrimum Polda NTB, Kombes Pol Hari Brata menjelaskan,  program Serbuan Vaksin Nusantara Nawahasta Akabri 98 dilakukan serentak di Indonesia. Di NTB sendiri sasarannya sebanyak 5.000 orang


"Hari ini, sasaran vaksinasi adalah karyawan hotel se-Lombok dan warga sekitar Aruna Beach Senggigi dengan jumlah 2.500 dosis vaksin," kata Hari Brata.


Ia menjelaskan, sebelumnya pada Kamis (16/9), juga sudah dilakukan vaksinasi di sekitaran Kampus Universitas NU Mataram dengan sasaran mahasiswa dan warga sekitar kampus untuk 1.000.


Kemudian sebanyak 500 dosis disuntikkan kepada masyarakat di daerah pesisir terpencil Dusun Teluk Gok, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, serta bantuan sosial berupa air tawar sebanyak 50 ribu liter atau 50 ton.


Vaksinasi di Kampus NU Mataram kembali digelar pada Sabtu (18/9) dengan sasaran mahasiswa serta warga sekitar kampus yang menyuntikkan 1.000 dosis vaksin.


"Untuk hari ini, serbuan vaksinasi juga disertai dengan bakti sosial Nusantara Akabri 98 Nawahasta 4 matra (TNI AL, AD, AU, dan Polri) sebagai bentuk pengabdian mewujudkan masyarakat sehat produktif," kata Hari Brata.


Di Senggigi, masyarakat antusias mengikuti kegiatan yang dihadiri langsung oleh Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal tersebut. Selain pekerja sektor pariwisata sejumlah siswa SMA di sekitar juga ikuti menerima vaksinasi.


Selain melakukan vaksinasi, jajaran Satgas Percepatan Vaksin Polda NTB bersama Nawahasta Akabri 98 juga membagikan paket sembako bagi warga terdampak COVID-19.


Selain diserahkan kepada perwakilan penerima vaksin di lokasi, bantuan sembako juga dibagikan ke rumah-rumah warga secara langsung.


"Iya kami senang dan berterimakasih. Selain keluarga bisaikut vaksin, kita ada dapat bantuan sembako juga," kata Erwan, salah seorang warga yang mengikuti kegiatan tersebut.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang World Superbike Mandalika, Polda NTB Percepat Sebaran Vaksinasi di Kawasan Wisata

Trending Now