Iklan BNS

IBA MMA Potensial Dikembangkan jadi Sport Tourism di NTB

MandalikaPost.com
Sabtu, Januari 8 | 11.12 WIB
Pembukaan Kejurda IBA MMA Provinsi NTB 2022, di Gelanggang Pemuda, Kota Mataram.

MANDALIKAPOST.com - Cabang olahraga beladiri IBA MMA (Indonesia Bela Diri Amatir) Mix Martial Arts (Seni Bela Diri Campuran) dinilai potensial mewarnai Sport Tourism di Nusa Tenggara Barat (NTB).


"IBA MMA ini bukan sekadar seni beladiri campuran, tetapi saya rasa ini olahraga yang cukup menarik untuk ditonton. Olahraga ini sangat potensial dikemas sebagai sport tourism di NTB," kata Ketua KONI NTB, H Andy Hadianto, di sela pembukaan Kejurda IBA MMA Provinsi NTB 2022, Sabtu 8 Januari 2022 di Gelanggang Pemuda, Kota Mataram.


Ketua KONI NTB, H Andy Hadianto. 

Menurut Andy Hadianto, ke depan event-event IBA MMA akan didorong dilaksanakan tidak hanya di gedung tertutup, tetapi di sejumlah destnasi wisata yang ada.


"Ke depan, tidak hanya di gedung tertutup. Kita bisa laksanakan di destinasi wisata seperti Senggigi atau di Mandalika. Sehingga peserta dan penonton bisa sambil menikmati keindahan alam di NTB ini," katanya.


BACA JUGA : Kejurda IBA MMA NTB, Lotim Lepas Lima Atlit Andalan


Andy menyatakan bangga dan mengapresiasi Pengurus Provinsi (Pengprov) IBA MMA NTB dan Pengurus Cabang di daerah Kota dan Kabupaten, yang sudah berhasil menggelar Kejurda perdana tersebut.


Ia mengatakan, pihaknya meyakini olahraga IBA MMA akan berkembang baik di NTB.


"Olahraga ini kami yakin akan berkembang baik di NTB. Karena anak-anak muda NTB ini petarung-petarung hebat," katanya.


Menurutnya, pertarungan secara ksatria dan sportif terbentuk dalam kearifan lokal sejumlah budaya di NTB. Seperti budaya Ntumbu di Bima dan juga Perisaian di Lombok.


"Dalam event yang saya ikuti baik single event maupun multi event, anak-anak NTB ini punya nyali besar dalam berkelahi, ya petarung hebat. Seperti di Bima ada Ntumbu dan di Lombok ada perisaian, itu petarungnya nggak pernah akan mundur. Saya yakin olahraga ini berkembang baik di NTB dan kita akan hasilkan juara-juara dunia dari NTB," tukasnya.


Pembukaan Kejurda IBA MMA Provinsi NTB 2022, secara resmi dilakukan Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah yang diwakili oleh Kadis Pemuda dan Olahraga NTB Drs H Surya Bahari, didampingi Ketua KONI NTB H Andy Hadianto, Ketua Pengprov IBA MMA NTB Dr Ir Elya Wibawa.


Kadispora NTB, Drs H Surya Bahari.

Dalam sambutannya mewakil Gubernur NTB, Kadispora Drs H Surya Bahari mengatakan, Kejurda IBA MMA NTB 2022 yang merupakan perdana di NTB bukan sebuah kegiatan biasa.


"Kegiatan ini bisa dikatakan bukan kegatan biasa. Tetapi ini kegiatan luar biasa, IBA MMA baru muncul di NTB tapi langsung ada Kejurda," kata Surya Bahari.


Surya Bahari berpesan kepada setiap peserta Kejurda IBA MMA NTB untuk tetap mengedepankan semangat sportifitas dalam setiap pertarungan.


"Sesuai dengan tema melalui olahraga IBA MMA membentuk karakter tangguh, sportif, dan menang dengan terhormat," ujarnya.


Menurutnya, Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah juga menyampaikan tawaran agar IBA MMA bisa mengisi kegiatan dalam peringatan HUT Provinsi NTB pada Desember 2022 mendatang.


"Pak Gubernur menawarkan IBA MMA untuk mengisi HUT NTB Desember mendatang. Jadi ada dua cabang olahraga beladiri yang meramaikan HUT NTB nanti yakni Perisaian dan IBA MMA. Tinggal bagaimana kemasannya kita siapkan dari sekarang," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • IBA MMA Potensial Dikembangkan jadi Sport Tourism di NTB

Trending Now

Iklan