Iklan BNS

Jelang MotoGP 2022, Kementerian PUPR Percantik Jalan Bypass BIL - Mandalika

Ariyati Astini
Senin, Januari 24, 2022 | 21.17 WIB

 

Ridwan Syah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR )


MATARAM- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) mengalokasikan anggaran sebesar Rp576 miliar lebih untuk mempercantik jalan bypass BIL - Mandalika dan jalan depan Sirkuit Mandalika jelang perhelatan MotoGP 2022. Pembangunan jalan bypass BIL - Mandalika tahap kedua mengedepankan konsep keberlanjutan dan akan menjadi contoh jalan nasional.


"Nantinya ruas jalan bypass BIL-Mandalika  yang berjarak  17 kilometer itu akan menjadi contoh bagi seluruh daerah bagaiman mengedepankan prisip keasrian, dan daya dukungungan yang semuanya hijau" ujar Kepala Dinas PUPR NTB, Ridwan Syah, Senin (24/1/2022).


Menurut Ridwan, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo waktu berkunjung ke Mandalika jalan bypass BIL - Mandalika akan ditata sepanjang koridor, bahu jalan, dan jalur lambat ditanami rumput. Bukitnya akan dihijaukan dengan menggunakan teknologi Geomate sehingga tidak ada lagi tebing yang tidak hijau .


"Presiden menginginkan Mandalika itu tidak hanya orang datang melihat balapan tapi melihat keasrian, keindahan ditanami bunga bunga termasuk seluruh bukit disekitar kawasan di Mandalika agar dilakukan pengjijauan" terangnya


Tak hanya bukit, seluruh bundaran ditata mulai dari bundaran depan bandara hingga bundaran Sunggung dan bundaran Triputri ditata dengan konsep yang sudah disetujui langsung oleh Presiden pada saat kunjungan, termasuk ruas jalan Kuta- Keruak.


Tak hanya melakukan penghijauan saja, Pemerintah provinsi diminta agar kedepannya melakukan penataan karena jalan bypass BIL - Mandalika  ini akan menjadi contoh jalan nasional di daerah. Nantinya akan ditetapkan sebagai jalan bebas hambatan .


Kriteria sebagai jalan bebas hambatan ini  tidak boleh ada akses langsung dari kiri kanan. Karena sekarang ada sekolah yang dibangun akan ditutup semua, dan akan ditanami pohon. Nantinya akan ada jalan skunder sebagai akses bagi para pengguna bangunan pemerintah, dan nanti akan dikerjakan bersama Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah.


"Jadi jalan bebas hambatan itu tidak boleh ada masuk langsung, dia boleh lewat underpass atau overpass tapi tidak langsung memotong ke jalan bypass yang ada sekarang ini," jelas Ridwan.


Ia memastikan pembangunan infrastruktur pendukung jelang MotoGP 2022 akan rampung sebelum bulan Maret. "Sisanya akan di lanjutkan setelah bulan Maret termasuk pengendalian banjir di sekitar kawasan Mandalika," kata Ridwan.1

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang MotoGP 2022, Kementerian PUPR Percantik Jalan Bypass BIL - Mandalika

Trending Now

Iklan