Iklan BNS

Siswa - Siswi TK dan PAUD di Narmada Ikuti Pengenalan Manasik Haji Sejak Dini

MandalikaPost.com
Kamis, Maret 17, 2022 | 13.23 WIB
Pengenalan Manasik Haji untuk para siswa-siswi TK dan PAUD Kecamatan Narmada di Asrama Haji Mataram. (FOTO: Abdul Rahim)

MANDALIKAPOST.com - Taman Kanak-Kanak Pendidikan Usia Dini se-Kecamatan, Narmada, Lombok Barat melaksanakan kegiatan manasik haji di Asrama Haji Embarkasi Mataram, Rabu 16/03/2022. 


Pelaksanaan manasik haji tersebut diikuti oleh 70 lembaga sebanyak 500 anak. Mereka di kenalkan bagaimana tahapan dan pelaksanaan manasik haji. 


Mulai dari bacaan, sampai dengan kegiatan mengeliling ka’bah (tawaf) buatan yang sudah dipersiapkan di asrama haji ambarkasi mataram Nusa Tenggara Barat.


Kepala TK IT Amirul Umah Desa Sembung, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Baiq Nur Sya'adah menjelaskan, kegiatan tersebut adalah serangkaian kegiatan yang telah menjadi rutinitas tahunan. 


"Manasik haji yang diajarkan kepada anak-anak dinilai sangat efektif dan bermanfaat sebagai rangsangan dalam menanamkan norma dan nilai Islam ke jiwa anak usia dini," katanya.


Menurut dia, pendidikan agama berupa manasik haji dikenalkan oleh beberapa Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah Kecamatan Narmada. 


Pemerintah sangat mendorong pengenalan itu. Sehingga masyarakat Narmada khususnya, Lombok barat pada umumnya, dan dapat mengenal, memahami pelaksanaan salah satu Ibadah dalam rukun Islam kelima itu (naik haji).


Kabid Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal (P3NF) Disdik Kecamatan Narmada, Drs. H. Parmanah menjelaskan, pelaksanaan manasik haji itu ada 70 lembaga se Kecamatan Narmada. 


"Manasik haji di lingkungan TK seluruh PAUD dan TK Islam dianjurkan untuk dapat melaksanakan kegiatan serupa," katanya.


Untuk itu ia sangat medukung penuh program pembelajaran yang diterapkan oleh pengurus TK IT Amirul umah. Ia menilai kegiatan itu adalah salah satu upaya dalam memupuk iman sejak dini kepada seluruh peserta didik.


Parmanah mengatakan, selain memupuk iman anak, kegiatan ini juga sempat pakum selama 2 tahun karna pandemi Covid-19.


"Alhamdulillah di tahun 2022 ini kita bisa dapat melaksanakan kembali dan juga kita bisa mempererat kekompakan sesama peserta didik. Selain itu juga mempererat hubungan guru, murid, serta orang tua wali yang hadir," katanya.


Reporter : Abdul Rahim


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Siswa - Siswi TK dan PAUD di Narmada Ikuti Pengenalan Manasik Haji Sejak Dini

Trending Now

Iklan