Kuota Ditambah Durasi Diperpanjang, Wisata Rinjani Makin Asyik

Rosyidin
Senin, April 25, 2022 | 11.06 WIB

 

Pesona Danau Segara Anak di Gunung Rinjani Lombok.

MANDALIKAPOST.com - Balai Taman Nasional Gujung Rinjani (BTNGR), akan menerapkan kouta kunjungan wisata alam Taman Nasional Gunung Rinjani sebesar 75%  dari kouta kunjungan normal pada destinasi wisata alam pendakian maupun destinasi wisata alam non pendakian. Dan durasi kunjungan wisata untuk kegiatan pendakian selama 4 hari 3 malam tertanggal 4 Mei 2022.


"Aturan ini, rencananya akan kita mulai berlakukan selepas lebaran. Tepatnya tanggal 4 Mei 2022," kata Kepala Balai TNGR Dedy Asriady, Senin (25/4).


Aturan tersebut, sesuai dengan surat Plt Direktur Jandral KSDAE Nomor: S.436/KSDAE/PJLKK/KSA.3/4/2022 tanggal 12 April 2022. Perihal dan persetujuan usulan peningkatan kouta 75% kunjungan wisata alam dan penambahan durasi pendakian Gunung Rinjani.


"Penambahan ini patut kita sukuri dan kita dukung bersama, karena satu-satunya TN yang berubah aturannya," ujar Dedy.


Dedy mengaku merevisi aturan tersebut, selama pandemi Covid-19 membatasi jumlah pendakian sebesar 50 persen dari kapasitas normal pendakian Gunung Rinjani.


“Ini sesuai dengan persetujuan peningkatan kuota 75 persen kunjungan wisata alam, dan penambahan durasi bisa 4 hari 3 malam,” terang Dedy.


Untuk jam kunjungan pada destinasi wisata alam non pendakian, Lanjut Dedy. Berlaku mulai pukul 07.00 hingga pukul 15.00 Wita. Sedangkan untuk jam kunjungan destinasi wisata alam pendakian mulai dari pukul 07.00 - 18.00 Wita setiap hari pelayanan.


“Untuk cek out mulai dari 07.00  - 17.00 Wita  atau bisa konfirmasi khusus petugas yang berjaga di lapangan,” pungkas Dedy.


Untuk diketahui, pintu masuk jalur Sembalun dan Senaru masing-masing sebanyak 113 pendaki. Sementara empat jalur pendakian lainnya seperti, Aik Berik (Lombok Tengah), Torean (Lombok Utara), Timba Nuh dan Tete Batu (Lombok Timur), masing-masing 75 pendaki dalam sehari.


"Hanya jalur Sembalun dan Senaru kita tambah koutanya, yang lain seperti biasa," imbuhnya.


Untuk mendapatkan tiket pendakian ke Gunung Rinjani, wisatawan bisa melakukan registrasi booking online kunjungan wisata alam pendakian dilakukan melalui aplikasi eRinjani.


Dedy juga menegaskan agar semua pendaki yang berkunjung ke Rinjani tetap menerapkan prokes Covid-19 secara disiplin, dan semua aktivitas pendakian pada destinasi wisata alam pendakian TNGR harus mengikuti SOP pendakian berdasarkan surat Keputusan BTNGR Nomor: SK. 19/T.39/TU/KSA/3/2022


“Semoga ini semua bisa kita indahkan, dan pengumuman ini berlaku sejak tanggal ditetapkan hingga dengan mengikuti hasil evaluasi yang akan dilakukan secara berkala,”tutup Dedy.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kuota Ditambah Durasi Diperpanjang, Wisata Rinjani Makin Asyik

Trending Now