Iklan BNS

Penukaran Uang Selama Ramadhan, BI NTB Siapkan Rp3,089 Triliun

Ariyati Astini
Rabu, April 13, 2022 | 18.06 WIB


Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) NTB Heru Saptaji




MATARAM - Menjelang momen Idulfitri atau lebaran, masyarakat biasanya akan berbondong-bondong untuk menukar uang baru. Bank Indonesia (BI) NTB telah mengoperasikan kembali layanan penukaran uang rupiah baru dan layanan kas keliling selama Ramadhan.

Kepala Perwakilan BI NTB Heru Saptaji mengatakan  pihaknya telah menyiapkan penukaran uang di bulan ramadhan hingga idul fitri mencapai Rp3,089 triliun. Diharapkan mampu menopang kebutuhan dari aktivitas  masyarakat dari Ramadhan hingga idul fitri uang meningkat .

" Rp3,089 Triliun itu diharapkan mampu mengcover kebutuhan dari masyarakat yang mencapai Rp2,9 Triliun.Kebutuhan tadi berdasarkan perbankan meningkat 1.7 persen dibanding tahun lalu,"sebutnya Rabu (13/4/2022).

Menurutnya, jumlah kebutuhan uang masyarakat akan meningkat di moment Ramadhan dan menjelang lebaran. "Penarikan dibank meingkat aktifitas keuangan meningkat nariknya dari perbankan meningkat,"paparnya.

Ia mengatakan, lokasi penukaran uang ada bisa dilakukan di seluruh kantor perbankan di NTB yang mencapai  200 titik. Sedangkan Bank Indonesia menyiapkan layanan kas keliling di Taman Sangkareang Kota Mataram mulai tanggal 12,14,15,18, 28,29 April 2022.

Masyarakat dapat memesan secara online melalui aplikasi PINTAR di laman BI untuk kebutuhan menukar uang. Dalam situs tersebut, masyarakat juga dapat memilih lokasi penukaran, nominal, beserta pecahan uang kartal yang dibutuhkan.

"Per paket Rp 3,8 juta yang bisa ditukar. Untuk per hari sampai 200 paket  harus menginput aplikasi PINTAR  diinput dulu sehari sebelumnya. Semua pecahan disediakan pihak bank,"pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penukaran Uang Selama Ramadhan, BI NTB Siapkan Rp3,089 Triliun

Trending Now

Iklan