Iklan BNS

Kapal TKI Illegal Tenggelam di Laut Batam, 23 Orang dari Lombok

MandalikaPost.com
Jumat, Juni 17, 2022 | 15.15 WIB
Ilustrasi kapal tenggelam.

MANDALIKAPOST.com - Sebuah kapal boat yang diduga mengangkut puluhan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) atau TKI illegal, dilaporkan tenggelam di perairan Pulau Putri Batam, Kepulauan Riau, Kamis malam 16 Juni 2022, saat hendak menyeberang ke Malaysia.


"Berdasarkan konfirmasi via telepon tadi pagi, memang betul terjadi kecelakaan kapal yang mengangkut penumpang diduga akan ke Malaysia secara non prosedural. Data sementara 23 orang yang selamat berasal dari NTB," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB, I Gede Putu Aryadi, Jumat 17 Juni 2022 di Mataram.


Aryadi menjelaskan, saat ini para penumpang yang selamat tenngah menjalani proses pemulihan di LANAL Kepri.


"Selanjutnya akan dilakukan proses pendalaman/pendataan, termasuk siapa yang memberangkatkan dan lainnya, untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut," kata Aryadi.


Dijelaskan, informasi diterima dari Direktorat Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia dan Afrika BP2MI, dan UPT BP2MI Tanjung Pinang.


Informasi yang diterima Disnakertrans NTB menyebutkan bahwa hari Kamis, 16 Juni 2022 sekitar pukul 19.30 WIB di sekitar perairan Pulau Putri Batam telah terjadi laka laut speed boat.


Adapun data sementara PMI asal Provinsi NTB yang berhasil diselamatkan antara lain 6 orang dari Lombok Timur, 5 orang dari Lombok Tengah, 2 orang dari Lombok Barat.


Aryadi mengatakan, dari 23 TKI yang selamat satu diantaranya perempuan. Sementara satu TKI bernama Amat, terpaksa dilarikan ke RS Budi Kemuliaan, Kota Batam untuk dirawat intens, lantaran sempat tenggelam dan kebanyakan minum air laut.


"Untuk sementara unsur SAR masih melaksanakan pencarian di lokasi kejadian dan dilaksanakan pendalaman," katanya.


Aryadi mengatakan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan menginformasikan kembali terkait perkembangan penanganan insiden kapal tenggelam di perairan Batam.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapal TKI Illegal Tenggelam di Laut Batam, 23 Orang dari Lombok

Trending Now

Iklan