Iklan BNS

Kwarran Sembalun Gelar Jambore Ranting

Rosyidin
Sabtu, Juni 18, 2022 | 17.26 WIB
Kwarran Sembalun Gelar Jambore Ranting.

MANDALIKAPOST.com - Seiring semangat untuk mewujudkan Gerakan Pramuka yang relevan dengan kebutuhan anak muda demi perubahan,  Kwarran Sembalun menggelar Jambore Ranting. Kegiatan ini sebagai ajang pramuka penggalang dalam membentuk karakter anak-nak. 


Jambore Ranting Kwarran Sembalun, merupakan ajang silaturahmi dan pemahaman persepsi serta evaluasi bagi adik-adik penggalang yang telah rutin melaksanakan latihan tiap minggu di gugus depan masing-masing. 


Kwarran Sembalun Gelar Jambore Ranting.

Jambore Ranting Kwarran Sembalun  digelar dari tanggal 17 hingga 19 Juli  2022 di Gudep SMPN 01 Sembalun, Kecamatan Sembalun Lombok Timur. Jambore kali ini mengambil tema “Membentuk Generasi Berkarakter Terampil, Mandiri dan Berbudaya”. 


Jambore Ranting Kwarran Lunyuk diikuti oleh seluruh penggalang dari SD/MI dan SMP/MTs. Di buka langsung Oleh Serkapudin S.Sos Camat Sembalun, didampingi oleh Drs Sinarman pengawas SMP/Mts dan dari anggota Kapolsek, Koramil 1615Sembalun. 


Dalam laporannya, Ketua Kwarran Sembalun Saprudin, S.Pd. (Kak Sap) menyampaikan. Bahwa Jambore Ranting Kwarran Sembalun ini sebagai bagian pendidikan karakter dan rekreasi buat adik-adik penggalang. Karena ini, merupakan pesta mereka di tingkat pramuka penggalang. 


Semestinya kegiatan ini dilakukan jauh hari sebelumnya, namun karena terkendala dengan gempa dan Covid-19. Ahirnya Jambore Ranting Kwarran Sembalun bisa dilaksanakan. 


"Tiga tahun lebih kita rencanakan untuk kegiatan ini, namun terkendala pelaksanaannya. Alhamdulillah baru sekrang bisa kita laksanakan", kata kak Saprudin kepada Media ini, Sabtu (18/22). 


Kwarran Sembalun Gelar Jambore Ranting.

Selain itu juga ada beberpa hal yang menjadi pertimbangannya sebagai pengurus KWARRAN Sembalun yakni, kegiatan penilaian ahir tahun dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2022. Dan untuk mempersiapkan Jaborda di tingkat kabupaten Lombok Timur dalam waktu dekat ini akan di laksanakan. 


Jadi kalau tidak dilaksanakan ekstra-ekstra seperti ini dijeda waktu dua minggu, maka kegitan siswa siswi  yang ada di SD maupun SMP itu tidak keruan apa yang dikerjakan. 


"Oleh karena itu, kami dari Kwarran Sembalun dengan tegas melaksanakan kegiatan ini. Untuk mengisi waktu yang ada, disamping itu, untuk meningkatkan karakter ana-anak didik kami", tegas kak Sap. 


"Selain itu, kegiatan kepramukaan sudah masuk dikurikulum wajib belajar. Maka ini wajib kami laksanakan", imbuhnya 


Selanjutnya kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan, bukan hanya dilokasi yang sama seperti saat ini. Supaya GUDEP yang ada di Sembalun tidak merasa dia anak tirikan. 


"Rutin akan kita lakukan, paling tidak dua kali dalam setahun. Juga tempat pelaksanaannya pun berpindah-pindah sesuai dengan kesepakatan musyawarah pengurus ranting", pungkasnya. 


Kwarran Sembalun Gelar Jambore Ranting.

Pada hari pertama, para peserta kemah jambore Pramuka se-Kecamatan Sembalun ini berangkat ke lokasi dari masing-masing penggalang, untuk mendirikan tenda. Kegiatan yang digagas oleh Gerakan Pramuka Kwarran Ranting Sembalun tersebut, dimulai pukul 14.00 Wita dengan terlebih dahulu karnaval mengelilingi disekitaran lingkungan perkemahan setempat. 


"Kemarin setelah pembukaan adek-adek peserta jambore melakukan karnaval untuk menyemangati peserta," ujar kak Sap. 


Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini, untuk memberikan motivasi kepada siswa dan para guru. Karena kegiatan pramuka sebagai salah satu cara meningkatkan karakter anak-nak itu sendiri. 


"Semoga ini bisa menjadi motivasi adek-adek kami, dan kakak-kakak pembinanya. Untuk terus melakukan pembinaan", harap Saprudin. 


Adapun agenda kegiatan jambore tersebut yakni, hari pertama pembukaan dan karnaval, hari kedua mencari tanda jejak (Rambu-rambu dan beberapa perlombaan. Seperti nari, bernyanyi dan yang berkaitan dengan keprmukaan. 


"Opening ceremony kemarin kita lakukan ya mas", ungkap Kak Isnaeni menambahkan, salah satu panitia kemah Jambore. 


Untuk diketahui jambore tersebut, dibuka langsung oleh Serkapudin Camat Sembalun didampingi pengawas SMP Drs. Sinarman, Kapolsek dan Koramil 1615 Sembalun, beserta beberapa tamu undangan lainnya. 


"Kegiatan seperti ini sangat kita apresiasi, karena tujuannya sangat mulia sekali. Bukan hanya sekedar kemah, tetapi lebih dari itu", kata Serkapudin S.Sos, Camat Sembalun. 


Kedepan, ia berharap giat kemah Pramuka yang ada di Ranting Sembalun supaya bisa diadakan lagi, dengan acara dan kegiatan yang lebih meriah. 


"Kita berharap, kedepannya kegirangan seperti ini diadakan lagi yang lebih meriah. Bila perlu jambore tingkat kabupaten, bahkan jambor tingkat Nasional bisa diadakan di Sembalun", Harap Serkapudin.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kwarran Sembalun Gelar Jambore Ranting

Trending Now

Iklan