Iklan BNS

Tak Hanya Aspek Ekonomi, MXGP juga Perkuat Rasa Ke-NTB-an

MandalikaPost.com
Minggu, Juni 26, 2022 | 08.15 WIB
Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah bersama Komisaris BPR NTB Lalu Novian Hadi dan jajaran BPR NTB dalam sebuah kesempatan. (Foto : Dok. BPR NTB).

MANDALIKAPOST.com - Event MXGP Samota Sumbawa 2022 tak hanya memberi efek domino positif untuk perekonomian daerah. Pada aspek sosial kemasyarakatan, event internasional ini juga memperkuat rasa Ke-NTB-an.


"Multiplier effect MXGP Samota sangat luar biasa. Tapi terpenting event ini juga makin memperkuat rasa Ke-NTB-an kita," kata Komisaris PD BPR NTB, Lalu Novian Hadi, Minggu 26 Juni 2022, saat dijumpai di areal Sirkuit Samota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.


Menurutnya, dari aspek ekonomi sangat nampak geliatnya mulai dari pelaku jasa wisata, hotelier, travel agent, jasa transportasi, hingga ke pelaku UMKM.


Contoh konkritnya, papar Novian, hotel dan penginapan penuh di Sumbawa, sementara warung makan dan kuliner juga nampak ramai pengunjung selama gelaran event 24 - 26 Juni.


BACA JUGA : Kerlap - Kerlip Hiburan Malam di Batu Gong Sumbawa


Dari sisi branding, destinasi wisata Sumbawa juga bisa lebih terpromosikan. Apalagi peserta MXGP berasal dari 20 negara.


"Destinasi wisata di Sumbawa, terutama kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora (Samota) juga menjadi masif dipromosikan hingga ke mancanegara melalui event MXGP ini," ujar dia.


Novian mengatakan, seperti MotoGP Mandalika, event MXGP Samota juga membuat bangga sebagai warga NTB, baik yang ada di pulau Lombok maupun yang ada di Pulau Sumbawa.


"Yang terpenting Rasa Ke-NTB-an ini. Kita yang ada di Lombok, maupun yang ada di Sumbawa bisa memiliki spirit bersama untuk sama-sama berkontribusi positif bagi pembangunan NTB ini lebih baik lagi," katanya.


BACA JUGA : Grand Samota, Hotel Pilihan di Sumbawa


PD BPR NTB sendiri memanfaatkan moment MXGP Samota ini sekaligus untuk silaturahmi dengan jajaran Cabang. Setidaknya perwakilan dari 44 kantor Cabang BPR NTB hadir dan menonton MXGP Samota di puncak putaran final Minggu 26 Juni 2022.


"Karena pas libur dan ini juga bisa jadi ajang silaturahmi dengan jajaran cabang, kita ikut menyaksikan gelaran final MXGP Samota ini. Perwakilan cabang ada dari Ampenan, Kota Mataram hingga Sape, Bima. Ini juga menggambarkan rasa Ke-NTB-an," katanya.


Ia optimistis, dengan semakin banyaknya event internasional digelar di Lombok dan Sumbawa, maka sektor pariwisata NTB yang sempat terpuruk akibat dampak pandemi, bisa mulai membaik ke depan.


"Dengan keberhasilan MotoGP Mandalika dan sekarang MXGP Samota Sumbawa, maka pemerintah pusat pun akan mengatensi dan memsuport terutama untuk kemajuan sektor pariwisata NTB ke depan. Dampak ekonominya yang harus kita pikirkan," ujarnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tak Hanya Aspek Ekonomi, MXGP juga Perkuat Rasa Ke-NTB-an

Trending Now

Iklan