Iklan BNS

Dinas Dikbud NTB Dukung Penuh Pelatihan Jurnalistik Sekolah

MandalikaPost.com
Selasa, Agustus 23, 2022 | 15.49 WIB
Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr H Aidy Furqon.

MANDALIKAPOST.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Dr H Aidy Furqan mendukung penuh pelatihan jurnalistik tingkat pelajar, guru dan tenaga kependidikan. Pasalnya, sekolah harus menjadi garda terdepan untuk menyampaikan informasi tentang keunggulan sekolahnya masing-masing.


‘’Kita menilai apa saja yang ditampilkan oleh SMA, SMK maupun SLB se-NTB. Makanya dengan adanya pelatihan jurnalistik ini tentu sebagai langkah yang tepat untuk menggali potensi-potensi yang ada di sekolah masing-masing,’’ kata Kadis Dikbud NTB, Dr H Aidy Furqan.


Dikatakan lebih lanjut, pihaknnya sudah lama menginisiasi kegiatan ini supaya terlaksana sehingga bisa meningkatkan literasi jurnalistik untuk siswa, guru dan pengelola informasi yang ada di sekolah. 


"Sudah lama kami berkomunikasi dengan teman- teman wartawan supaya jurnalisme sekolah ini bisa terlaksana dan hari ini di mulai bersama Undikma Mataram. Makanya ini menjadi penilian kita juga kepada sekolah-sekolah dibawah naungan Dikbud NTB," Jelasnya.


Selain itu, pelatihan jurnalistik ini dihajatkan agar berlanjut sampai ke setiap kabupaten/kota di NTB.

 

Untuk diketahui, penyebaran informasi dan konten berita semakin mudah seiring perkembangan teknologi saat ini. Media sosial menjadi perantara informasi yang strategis, lintas geografis, dan sangat cepat. Walaupun demikian, prestasi yang bagus tanpa dipublikasi tentu hanya internal sekolah yang mengetahui. Makanya, melalui pelatihan jurnalistik diminta untuk terus mempublikasikan kegiatan-kegiatan sekolah. Sedangkan untuk SMK harus dipublikasikan prodak-prodak yang dihasilkan.


Menurutnya, untuk mewujudkan NTB yang cerdas, sehat, aman dan berkah sesuai amanah RPJMD 2018-2023. Dikbud  NTB berkomitmen penuh dalam mewujudkan visi dan misi NTB Gemilang periode 2018-2023. Amanah yang diberikan melalui misi NTB Sehat dan Cerdas serta NTB Aman & Berkah dijadikan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan di Nusa Tenggara Barat.


Salah satu upaya menuju misi tersebut adalah melalui Motto Program  yakni profil, penampilan, pelayanan dan prestasi (4P).


"Pelatihan seperti ini tidak lain sebagai upaya bersama-sama membangun dunia pendidikan yang membanggakan demi NTB gemilang,’’ ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas Dikbud NTB Dukung Penuh Pelatihan Jurnalistik Sekolah

Trending Now

Iklan